Senin, Januari 14, 2019

6 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui Setiap Wanita!

6 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diketahui Setiap Wanita!

Kanker payudara adalah penyakit berbahaya yang bisa menyerang wanita berumur muda hingga tua. Ada banyak gejala kanker payudara, tetapi tidak semua orang bisa mengenalinya. Kanker payudara memang terjadi pada pria juga, namun kasusnya masih jarang terjadi.

Kanker payudara menjadi salah satu jenis kanker yang paling agresif karena kecepatan perkembangan dan penyebarannya begitu cepat. Nah untuk itu anda para wanita perlu waspada setiap gejala yang ada. Berikut beberapa gejala kanker payudara yang perlu diketahui.

1. Muncul Benjolan

Kemunculan benjolan yang tidak biasa di dada harus membuat Anda waspada dan Anda pun disarankan memeriksakan diri. Benjolan ini adalah gejala yang sangat umum pada kanker payudara, karena penyakit ini menyebabkan peradangan dan mempengaruhi sistem limfatik. Namun, tidak semua benjolan berkaitan dengan kanker, bisa jadi ini disebabkan oleh kista. Nah untuk memastikannya anda harus pergi ke dokter.

2. Pendarahan di puting

Pendarahan bisa terjadi dia area puting, ini adalah gejala umum kanker payudara. Disebabkan oleh gangguan hormonal dalam tubuh. Penting untuk memperhatikan gejala ini, terutama jika ini sering terjadi dan tidak seperti biasanya.

3. Kulit payudara berubah

Ketika kanker mulai berkembang, kulit payudara juga terpengaruh. Perubahan kulit didaerah payudara juga bisa jadi tanda untuk rmemperingatkan Anda agar segera memeriksakan diri.

4. Nyeri dan hipersensitivitas

Pada tahap awal kanker, seorang wanita jarang dapat mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan ketika menekan dada.  Namun, seiring perkembangan penyakit dan sel-sel ganas tumbuh, rasa sakit pada payudara akan muncul dan membuat anda tidak nyaman.

5. Perubahan ukuran payudara

Pertumbuhan sel yang tidak normal di jaringan payudara dapat menyebabkan perubahan ukuran satu atau kedua payudara. Jika Anda melihat ukurannya telah berubah secara dramatis, berkonsultasilah dengan dokter.

6. Penurunan berat badan secara tiba-tiba

Sel-sel ganas mempengaruhi aktivitas metabolisme tubuh. Sel sel ganas yang ada di payudara bisa menimbulkan tubuh kehilangan nutrisi, yang menyebabkan penurunan berat badan yang mengkhawatirkan.