Sabtu, Januari 12, 2019

Tanda Kanker Usus Ini Sering Diabaikan

Tanda Kanker Usus Ini Sering Diabaikan

Kanker usus termasuk kanker yang mematikan. Jumlah penderita kanker ini juga terus meningkat dari waktu ke waktu. Menurut penelitian, lebih dari 75-95% kanker usus terjadi pada orang yang terlibat dalam faktor genetik. Oleh karena itu, anda yang memiliki orang tua atau saudara kandung yang menderita kanker usus memiliki 2-3 kali lebih mungkin memiliki kanker usus juga.

Selain faktor genetik, kanker usus juga bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, seperti sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak, gula, makanan dengan pengawet dan lainnya.

Kanker usus lebih umum untuk pria daripada wanita, orang tua daripada orang muda dan akan meningkat seiring bertambahnya usia. Nah, untuk itu anda wajib mengenali gejala-gejala penyakit usus di bawah ini.

1. Pendarahan di anus

Salah satu manifestasi paling nyata dari kanker usus adalah munculnya pendarahan di anus. Karena tinja akan melwati tumor, tidak hanya menyebabkan rasa sakit tetapi juga panas dan berdarah di daerah tersebut.

2. Feses yang Tidak Normal

Ketika feses yang keluar berubah jadi tidak normal seperti berubah warna menjadi putih atau warna lainnya, bisa jadi ini tanda kanker usus berkembang ke tahap yang parah. Fenomena ini biasanya terjadi ketika tumor telah tumbuh besar dan terjepit ke pembuluh darah dan membuat feses tercampur darah atau dengan cairan abnormal lainnya.

3.  Berat badan turun 

Tumor atau kanker dalam usus juga mampu mengganggu hormon dan zat dalam tubuh, sehingga menyebabkan masalah kesehatan yang tidak Anda harapkan. Secara khusus, berat badan bisa mengalami penurunan drastis.

4. Sering Muntah

Tumor usus bisa menekan dan mengganggu sistem pencernaan, yang dapat menyebabkan rasa mual dan memicu rasa ingin muntah. Fenomena ini sering terjadi ketika tumor telah tumbuh besar, menekan bagian perut lainnya dan menyebabkan ketidaknyamanan pada rongga perut.