Sabtu, Februari 02, 2019

Harus Tahu, 5 Kebiasaan Ini Picu Gula Darah Tinggi


Kadar Gula darah tinggi merupakan pertanda buruk bagi kesehatan kamu. Gula darah tinggi bisa memicu penyakit berbahaya seperti diabetes. Banyak sekali penyebab gula darah naik dengan cepat, sebagian penyebabnya ternyata sangat sepele. Berikut ini ada beberapa penyebab gula darah tinggi yang mungkin belum kamu sadari.

1. Melewatkan makan pagi

Jarang makan pagi atau sarapan ternyata berdampak buruk untuk kadar gula darah karena bisa menaikan kadar gula darah dengan cepat. Melawatkan makan pagi bisa membuat kamu mudah lapar di siang hari yang bisa membuat kamu bernafsu makan banyak sehingga tidak bisa mengontrol makanan yang masukan kedalam perut. Kebiasaan ini terlalu sering bisa merusak sistem tubuh dan meningkatkan risio diabetes.

2. Makan makanan pemanis buatan

Makan makanan dengan pemanis buatan seperti jus kemasan, soda ternyata juga buruk untuk tubuh. Pemanis buatan sintetis bisa meningkatkan kadar gula dengan cepat. Cobalah untuk mengurangi mengkonsumsi makanan dengan pemanis buatan karena ini kebiasaan yang tidak sehat.

2. Makan Gorengan setiap hari

Gorengan adalah makanan kegemeran semua orang, anda juga pasti suka makan gorengan. Namun, alangkah baiknya kamu tidak makan gorengan setiap hari karena makanan ini mengandung lemak jenuh yang tinggi yang bisa menaikan gula darah.

4. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan gula darah lho. nikotin dalam rokok bisa merusak hormon dalam tubuh, termasuk mengganggu pankreas yang bertugas memproduksi insulin yang berguna mengurangi gula darah.

5. Kebiasaan Kurang Tidur

Tidur adalah kebutuhan setiap manusia, orang dewasa minimal tidur 7-8 jam perhari. Kurang dari itu bisa memicu tubuh stres, dan inilah yang nantinya bisa memicu gula darah anda naik.