Jumat, Februari 22, 2019

Sering Kamu Makan, Makanan ini Picu Kerusakan Gigi


Menjaga kesehatan gigi sudah diajarkan sejak kecil. Kesehatan gigi memang sangat penting, banyak penyakit mematikan yang bisa dipicu oleh kesehatan gigi yang tidak terjaga. Misalnya gigi yang berlubang bisa memicu kerusakan jantung hingga ginjal. Bakteri bisa masuk ke peredaran darah di gigi dan masuk mempengaruhi dua organ tadi yakni ginjal dan jantung.

Nah untuk itu anda harus senan tiasa menjaga kesehatan gigi anda. Berikut ada makanan yang pasti sering kamu makanan yang ternyata bisa merusak gigi anda.

1. Soda

Minuman bersoda adalah minuman kesukaan banyak orang terutama anak muda zama now. Tapi, sebaiknya dari sekarang batasi soda sebisa mungkin karena minuman ini mengandung gula yang sangat tinggi yang bisa menyebabkan gigi cepat rapuh dan berlubang. Soda juga bisa membuat mulut lebih mudah kering sehingga bakteri jahat lebih mudah berkembang dan cepat merusak gigi-gigi anda.

2. Keripik kentang

Keripik kentang juga kudapan yang sangat disukai banyak orang. Pasti kamu juga pernah memakannya, apabila kamu penggemar bahkan sering mengkonsumsi keripiki kentang maka batasi mengkonsumsi makan ini dari sekarang. Keripik kentang mengandung garam yang sangat banyak yang bisa merusak keseimbangan asam basa di mulut. Hal ini bisa mempercepat proses pembusukan dan memicu kerusakan gigi.

3. Buah Kering

Buah kering seperti plum, kismis dan lainnya jangan terlalu banyak kamu konsumsi. Walaupun buah, buah yang dikeringkan ini ternyata bisa terjebak di sela-sela gigi dan menjadi makanan bakteri jahat. Buah kering tersebut bisa terjebak lama dan membentuk plak yang bisa merusak gigi anda.

4. Acar

Acar merupakan makanan pendaping lauk lainnya yang cukup enak. Cuka pada acar berperan penting untuk meningkatkan nafsu makan, namun cuka yang bersifat asam ini bisa memicu sakit gigi. Jika kamu penyuka acar sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsinya.

5. Roti Putih

Roti putih juga berpotensi tinggi merusak gigi anda. Roti putih adalah makanan yang mengandung karbohidrat sederhana yang cukup mudah untuk  diubah menjadi gula hanya dengan air liur. Jika terjebak di sela-sela gigi ini bisa mengundang bakteri berkembang, lama-kelamaan bakteri ini bisa membuat gigi anda menjadi bolong.