Kamis, Februari 21, 2019

Ini Cara Tepat Mengendalikan Kadar Gula Darah

Ini Cara Tepat Mengendalikan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan masalah kesehatan seirus. Jika tidak dikendalikan dengan cepat, gula darah tinggi bisa memicu diabetes, penyakit jantung bahkan kerusakan fungsi ginjal.

Untuk menghindari risiko bahaya penyakit mematikan tersebut, maka anda harus mengupayakan untuk mengendalikan gula darah anda. Nah berikut ada beberapa cara tepat yang bisa membantu mengendalikan kadar gula darah tinggi anda.

1. Jauhi Makanan Olahan 

Makanan olahan baik berupa daging atau roti sebaiknya kamu jauhi. Makanan olahan memiliki kandungan garam dan gula tambahan yang sangat tinggi. Makanan ini bisa meningkatkan kadar gula kamu dengan cepat. Selain itu makaan seperti juga cenderung buruk untuk kesehatan secara umum.

2. Hindari kudapan dengan gula buatan

Kudapan seperti kue kering, soda, roti dan makanan kemasan mengandung gula tinggi yang sebaiknya kamu hindari. Jika kamu ingin lebih sehat dan kadar gula tidak melonjak naik cobalah membuat kudapa alami yang terbuat dari yogurt dan buah-buahan segar.

3. Rajin Makan Sayur Hijau

Sayuran berwarna hijau mengandung pati rendah makanan ini cocok untuk kamu yang suka kadar gulanya naik. Sayur hijau seperti bayam, brokoli, kangkung juga mengandung serat tinggi yang bisa menjaga gula darah anda lebih stabil

4. Lebih Teliti memilih Makanan

Tidak semua makanan berlebel sehat itu sehat. Pastikan semua makanan yang kamu beli mengandung bahan-bahan yang sehat. Jika kamu membeli makanan yang sudah dikenas, kamu tetap harus melihat lebel dari makanan tersebut. Pastikan tidak ada kandungan gula yang berlebihan.

5. Jangan minum alkohol

Kebiasaan minum alkohol juga berakibat buruk untuk kadar gula darah kamu. Apalagi jika kamu memiliki kebiasaan minum alkohol menahun hal ini bisa memicu resitensi insulin yang bisa merusak gula darah. Nah agar tubuh anda memiliki kadar gula darah yang sehat sebaiknya jangan minum alkohol lagi.