Selasa, Maret 19, 2019

5 Cara untuk Mencegah Penyakit Batu Ginjal


Batu ginjal adalah penyakit kronis yang dapat menghambat saluran kemih, penderita bantu ginjal akan merasa sangat sakit ketika buang air kecil karena urin sulit keluar. Penyakit serius ini dapat disebut uremia.

Karena itu, jika Anda memiliki batu ginjal, Anda harus pergi ke rumah sakit tepat waktu untuk pemeriksaan, pengobatan dan kontrol yang efektif. Namun, selain pengobatan aktif, pasien dengan batu ginjal membutuhkan lebih banyak hal dalam kehidupan sehari-hari mereka sehingga penyakit tidak kambuh dan kesehatan pulih lebih cepat.

1. Minum banyak air putih dan jangan tahan kencing

Penderita batu ginjal sebaiknya tidak buang air kecil sembarangan, ingatlah untuk buang air kecil untuk jangka waktu tertentu. Ingatlah bahwa Anda yang harus buang air kecil tepat waktu dan minum banyak air.

Air minum sangat penting, karena sangat membantu untuk mempercepat pelepasan beberapa batu kecil, yang berguna untuk mencegah timbulnya penyakit ini menjadi tambah parah.

2. Kurangi makakn Daging

Untuk diet pasien dengan batu ginjal, Anda harus ingat bahwa Anda tidak boleh makan organ dan daging hewan terlalu banyak. Karena daging mengandung asam urat dan asam urat adalah komponen utama yang memicu pemebtukan batu ginjal, penderita batu ginjal tidak boleh makan banyak daging, yang akan memperburuk kondisinya.

3. Kurangi Garam Juga

Jika Anda memiliki batu ginjal atau ingin mencegah batu ginjal, Anda sebaiknya mengehentikan kebiasaan makan makanan yang terlalu asin. Makanan asin yang mengandung garam berlebih ini akan menambah beban pada ginjal dan dapat menyebabkan batu ginjal. .

4. Makanan kaya oksalat harus dihindari

Pada batu ginjal, ada sejumlah besar oksalat. Untuk mencegah batu ginjal lebih berkembang, Anda harus memperhatikan diet Anda, mengontrol jumlah oksalat, seperti menghindari terlalu banyak bayam, tomat, kentang, kacang. 

5. Berolahraga dengan benar

Yang ingin mencegah penyakit ginjal juga harus memperhatikan olahraga. Jika Anda memiliki penyakit, Anda tidak boleh malas. Sebaliknya, Anda harus menghadapi penyakit ini secara positif.

Tidur lebih awal dan bangun pagi. Setelah bangun tidur, Anda bisa memanfaatkan olahraga teratur dan tepat. Lakukanlah kegiatan sederhana seperti rutin berjalan. Kebiasaan sederhana ini dapat membantu meringankan penyakit dan mencegah menjadi lebih buruk.