Tuesday, January 14, 2020

9 Makanan Untuk Jaga Kesehatan Jantung


Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu untuk wanita. Penyakit ini bisa bisa menyerang siapa saja termasuk anak muda sekalipun, penyakit ini juga disebut sebagai silent killer karena bisa menghampiri siapa saja tanpa didahului dengan tanda-tanda. Nah buat kamu yang ingin terhindar dari pemnyakit jantung maka penting sekali menjaga kesehatan jantung anda. Berikut ini ada beberapa makanan sehata yang sangat berkhasiat menjaga kesehatan jantung.

1. Salmon

Salmon adalah ikan yang dianggap sebagai salah satu makanan yang menyehatkan jantung. Alasannya karena mengandung banyak asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 memiliki khasiat mengurangi risiko aritmia atau gangguan pada jantung.

2. Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat larut, yang dapat menurunkan kolesterol dan menstabilkan kadar gula darah. Makan oatmeal setiap hari sangat bagus untuk kesehatan jantung.

3. Buah Blueberry

Blueberry jika dikonsumsi secara rutin  dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hasil dari satu studi menemukan bahwa wanita yang makan blueberry setiap hari dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 32% dibandingkan dengan mereka yang makan lebih sedikit. Blubery mengandung bahan alami seperti antosianin, flavonoid dalam blueberry yang sangat berguna untuk mengurangi tekanan darah dan berguna untuk menjaga pembuluh darah tetap lebar.

4. Cokelat hitam

Banyak penelitian menunjukkan bahwa cokelat hitam baik untuk jantung Anda. Konsumsi cokelat hitam setiap hari dapat mengurangi serangan jantung dan stroke. Cokelat hitam mengandung setidaknya 60-70% kakao sehingga mencegah penyakit jantung. Cokelat hitam tanpa gula mengandung flavonoid yang disebut polifenol, yang baik untuk tekanan darah, pembekuan darah dan peradangan.

5. Buah jeruk

Sejumlah besar flavonoid yang ditemukan dalam jeruk dapat membantu mencegah penyakit jantung. Orang yang makan banyak buah jeruk, terutama wanita, memiliki risiko 19% lebih rendah terkena stroke iskemik, yang disebabkan oleh gumpalan darah. Buah jeruk juga mengandung vitamin C tinggi, yang bisa mengurangi terkena risiko penyakit jantung.

6. Kentang

Kentang kaya akan kalium yang berguna untuk membantu mengurangi tekanan darah. Kentang juga mengandung lebih banyak serat yang membantu mengurangi risiko serangan jantung.

7. Tomat

Tomat kaya akan kalium yang menyehatkan jantung dan juga mengandung antioksidan yang disebut likopen. Likopen sendiri dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat, membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi risiko serangan jantung. Tomat juga rendah kalori dan gula sehingga bagus dikonsumsi setiap hari.

8. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang merah, hijau semuanya mengandung serat yang sangat berguna untuk menjaga jantung tetap sehat. Kacang-kacangan juga kaya vitamin E dan asam lemak omega-3 yang membantu mengurangi kolesterol jahat.

9. Delima

Buah delima mengandung antioksidan berupa polifenol dan antosianin yang bisa meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Penelitian menunjukkan bahwa minum jus buah delima setiap hari selama 3 bulan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke jantung.