Saturday, February 15, 2020

4 Hal yang Harus Dihindari agar Terhindar dari Penyakit Asam Urat


Penyakit asam urat bisa menyerang siapa saja baik orang tua maupun orang yang masih muda. Penyakit asam urat juga cenderung datang tiba-tiba yang biasanya ditandai dahulu dengan gejala seperti rasa nyeri pada bagian sendi lalu diikuti rasa kaku dan muncul pembengkakan.

Penyakit asam urat bisa disebabkan oleh faktor genetik atau turunan dan juga faktor gaya hidup. Jadi walaupun keluarga kamu tidak ada yang memiliki penyakit asam urat kamu memiliki risiko terkena penyakit asam urat.

Penyakit ini erat kaitannya dengan gaya hidup seseorang, jika kamu memiliki gaya hidup yang sehat maka risiko kena penyakit asam urat tentu berkurang. Nah, berikut ini ada beberapa hal pemicu penyakit asam urat yang perlu kamu hindari.

1. Hindari makanan tinggi purin secara berlebihan

Purin merupakan faktor utama yang bisa memicu penyakit asam urat. Purin sendiri biasanya kandungan yang berasal dari makanan. Ketika masuk kedalam tubuh secara berlebihan tubuh akan mengeluarkan asam urat untuk mengolah purin yang masuk. Akan tetapi jika kandungan purin masuk kedalam tubuh secara berlebihan akan memicu tubuh mengaluarkan asam urat secara berlebiha pula yang akhirnya berdampak buruk untuk kesehatan, karena asam urat tersebut bisa menumpuk dalam aliran darah lalu mengkristal di bagian tubuh seperti area sendi hingga ginjal.

Purin sendiri biasanya terkadnung tinggi pada jenis makanan tertentu seperti makanan laut, jeroan, daging merah hingga kacang-kacangan. Bukan berarti anda dilarang mengkonsumsi makanan tadi, akan tetapi anda perlu membatasinya agar tidak memicu penyakit asam urat.

2. Hindari minuman beralkohol

Minuman berlalkohol akan memicu meningkatkan kamu terkena penyakit asam urat. Minuman beralkohol bisa memicu berkurangnya kinerja organ ginjar untuk memfilter asam urat dalam tubuh. Jika ginjal tidak bisa menyaringnya dengan maksimal tentu kadar asam urat bisa menumpuk dalam tubuh dan memicu penyakit asam urat.

3.Hindari minuman bersoda juga

Minuman bersoda memang rasanya cukup enak, sehingga disukai banyak orang terutama anak muda. Namun, sebaiknya kamu batasi atau bahkan hindari meminum minuman bersoda karena fruktosa dalam minuman bersoda sangat tinggi yang berisiko memicu asam urat.

4. Hindari dehidrasi

Tubuh yang mengalami dehidrasi tidak baik untuk tubuh kamu, karena bisa memicu banyak penyakit salah satunya ialah asam urat. Tubuh yang terkena dehidrasi bisa meningkatkan proses penumpukan dan pengkristalan asam urat di sendi tubuh. Selalu biasanya minum air putih yang banyak agar membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh secara alami.