Sunday, February 23, 2020

Jangan Berlebihan, 4 Makanan Ini Bisa Merusak Liver


Liver adalah salah satu organ tubuh yang paling penting. Semua yang kamu makan akan melewati hati untuk dimetabolisme. Liver atau juga dikenal hati bertanggung jawab untuk memproses dan melepaskan racun, memasok energi, membersihkan darah, mengatur hormon dan melakukan lebih dari 500 fungsi penting lainnya. Ketika fungsi hati terganggu, kesehatan kamu pun bisa tergganggu. 

Kesehatan hati juga dipengaruhi oleh makanan, nah berikut ini ada beberapa jenis makanan yang perlu anda hindari karena bisa merusak hati.

1. Daging Merah

Protein dalam daging merah sangat penting dalam makanan sehari-hari, tetapi banyak penelitian menunjukkan bahwa mengurangi daging merah akan membantu melindungi hati. Jika kamu adalah orang yang sehat, hati dapat dengan mudah memecah protein dalam daging merah. Tetapi jika  memiliki masalah kesehatan, hati akan mengalami kesulitan mengolah protein dalam daging merah. Ketika kemampuan hati untuk memetabolisme protein terganggu, kelebihan protein bisa menjadi racun dan dapat mempengaruhi otak, menyebabkan pusing dan kelelahan.

Untuk menghindari kerusakan hati cara terbaik adalah menghindari makan daging merah, terutama jika kamu telah didiagnosis menderita penyakit hati. Daging putih seperti ayam dan ikan adalah pilihan tepat untuk tetap mendapatkan protein yang kamu butuhkan setiap hari.

2. Makanan Mengandung Garam Tinggi

Meskipun tubuh kita memerlukan kadar garam tertentu, terlalu banyak garam dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang serius. Kita sudah tahu bahwa makan banyak garam meningkatkan tekanan darah, tetapi karena kemampuannya menahan air, kelebihan garam juga buruk bagi hati kita.

Kelebihan garam dapat menyebabkan penumpukan cairan di hati, dan dapat menyebabkan hati berlemak. Kamu harus menghindari makanan yang mengandung garam tinggi seperti ikan kaleng, daging olahan, cemilan asin dan lainnya.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji umumnya tidak baik untuk kesehatan kita, terutama untuk organ hati kita. Makanan cepat saji meningkatkan risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular. Anda harus menghindari makanan cepat saji agar tubuh kamu lebih sehat.

4. Minuman dengan kadar gula tinggi

Fruktosa ditemukan dalam banyak makanan dan minuman olahan seperti soda, bahkan roti dan biskuit. Penelitian menunjukkan bahwa jumlah fruktosa yang tinggi tidak hanya meningkatkan risiko obesitas, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan hati.