Tuesday, February 18, 2020

5 Makanan Pencegah Hipertensi


Tekanan darah tinggi yang juga dikenal sebagai hipertensi, adalah masalah yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Seiring waktu, tekanan darah tinggi secara bertahap bisa merusak pembuluh darah.

Tekanan darah tinggi dianggap sebagai pembunuh diam-diam atau silent killer. Jika kamu tidak memeriksa tekanan darah kamu secara teratur, akan sulit untuk memperhatikan gejala tekanan darah tinggi.

Nutrisi dalam makanan memainkan peran besar dalam menentukan apakah kamu memiliki tekanan darah tinggi. Cara terbaik untuk membantu menurunkan tekanan darah kamu adalah dengan memilah makanan harian kamu. kamu harus mengurangi makanan yang mengandung lemak, natrium, dan membatasi asupan minuman beralkohol karena asupan makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut berisiko memicu hipertensi.

Nah berikut ini ada beberapa makanan yang cocok sekali untuk mencegah penyakit hipertensi:

1. Sayuran hijau berdaun

Makanan kaya kalium akan membantu tubuh kamu mengurangi kadar natrium dalam tubuh secara alami, sehingga membantu menetralkan natrium dalam tubuh. Ini memungkinkan tubuh untuk menghilangkan natrium dari ginjal melalui urin, sehingga tekanan darah akan turun.
Sayuran berdaun hijau seperti selada, selada, kangkung, lobak, sawi, bayam dan bayam semuanya sangat kaya akan kalium.

Perlu kamu ingat kamu harus memilih sayuran hijau segar karena sayuran kaleng sering mengandung lebih banyak natrium. Sayuran beku juga dapat dipilih, karena sayuran beku mengandung nutrisi yang hampir sama banyaknya dengan sayuran segar.

2. Buah beri

Keluarga bua berry, terutama blueberry, kaya akan senyawa alami yang disebut flavonoid. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi flavonoid dapat mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan tekanan darah.

Buah beri seperti raspberry dan stroberi tidak sulit ditemukan untuk ditambahkan ke menu nutrisi harian kamu. Di lemari es, kamu harus menyiapkan buah beri ini dan menggunakannya sebagai makanan penutup yang bergizi dan mudah dimakan untuk seluruh keluarga.

 3. Susu tanpa gula

Susu tanpa pemanis merupakan sumber kalsium yang sangat baik, rendah lemak, yang sangat penting dalam makanan sehari-hari kita, dan sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah.
Alih-alih mengonsumsi susu tinggi lemak, kamu harus mengonsumsi susu rendah lemak seperti yogurt.

4. Pisang

Pisang adalah makanan kaya kalium alami yang jauh lebih baik daripada suplemen. Potong buah menjadi irisan kecil dan masukkan ke dalam sereal dan mangkuk oatmeal. Pisang adalah camilan cepat, sangat mudah, dan sangat murah yang bisa mencegah penyakit hipertensi kamu kambuh.

5. Bit (bit)

Buah yang berwarna merah ini bisa mencega tekanan darah naik. Selain itu, kandungan nitrat dalam jus bit dapat membantu menurunkan tekanan darah hanya dalam 24 jam.