Monday, February 10, 2020

Dianggap Sehat, 4 Makanan Ini Ternyata Bisa Picu Asam Urat Kambuh


Memiliki riwayat penyakit asam urat memang sangat tidak menyenangkan, penyakit ini bisa kambuh kapan saja jika tidak hati-hati. Penyakit asam urat atau gout juga sangat mengganggu penderita karena bisa mengurangi kegiatan sehari-hari akibat dampak buruk dari penyakit ini.

Asam urat bisa memicu peradangan sendi di daerah pergelangan kaki, lutut hingga area jari kaki. Penyakit ini jika disepelekan bisa memicu masalah lain. tentu kamu perlu waspada terutama yang memiliki riwayat asam urat.

Penyakit asam urat sangat erat kaitannya dengan makanan, berbagai makanan tertentu yang mengandung purin tinggi biasanya bisa memicu asam urat. Namun, banyak orang yang tidak sadar telah mengkonsumsi makanan yang dianggap sehat yang ternyata bisa memicu asam urat kambuh. Nah berikut ada beberapa makanan sehat yang bisa picu asam urat yang sebaiknya kamu hindari.

1. Jamur

Jamur sangat bagus sebagai pengganti daging, kandungan proteinnya juga cukup untuk memenuhi kebutuhan. Akan tetapi anda perlu waspada sama jamur, karena dalam satu porsi makanan ini mengandung purin yang tinggi yang bisa membuat kamu menderita karena jamur-jamuran bisa memicu kadar asam urat naik dengan cepat.

2. Asparagus

Asparagus juga sayuran sehat yang pastinya disenangi banyak orang, sayuran hijau ini juga makanan favorit saat dihidangkan bersana makan daging steik. Tapi perlu kamu tahu asparagus juga mengandung kandungan purin yang tinggi yang tidak cocok kamu konsumsi apabila kamu punya riwayat asam urat.

3. Kembang kol

kembang kol adalah daftar makanan berikutnya yang sangat sehat yang dianjurkan untuk tidak terlalu sering kamu konsumsi apabila kamu ingin asam urat kamu tidak kambuh. Kembang kol mengandung purin yang tingi, biasanya kembang kol mengandung 51g purin per 100 g kembang, yang tetntunya cukup tinggi.

4. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau favorit banyak orang, karena sayuran ini dianggap sangat sehat karena mengandung zat besi tinggi yang sangat diperlukan tubuh. Sayangnya bagi kamu yang menderita asam urat perlu menghindari sayuran yang satu ini sebab bayam mengandung kadar purin yang tinggi sehingga bisa memicu penyakit asam urat kambuh dengan cepat.