Monday, February 24, 2020

Ini Yang terjadi Jika Makan Daging Merah Berlebihan


Pola makan tinggi daging dapat membuat orang menderita penyakit tertentu. Mereka yang makan terlalu banyak daging, terlepas dari jumlah dan kualitas dagingnya, rentan terhadap penyakit berbahaya. Nah berikut risiko bahaya jika kamu mengkonsumsi daging merah secara berlebihan.

1. Terkena Penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskuler dianggap sebagai pembunuh No. 1 di negara maju. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard menunjukkan bahwa tekanan darah rata-rata vegetarian jauh lebih rendah daripada pemakan daging; Kadar kolesterol darah pemakan daging jauh lebih tinggi daripada vegetarian dan merupakan penyebab utama aterosklerosis, hipertensi, infark miokard, stroke. Asosiasi Jantung Amerika Serikat menyebut bahwa makan daging merah bisa memicu penyakit mematikan.

2. Bisa Terkena Diabetes

Daging merah mengandung lemak jenuh yang tinggi, hal ini bisa meningkatkan risiko diabetes tipe II. Karena kelebihan asam lemak dalam darah dan trigliserida menghambat kerja insulin sehingga bisa memicu kadar gula darah tinggi.

3. Penyakit ginjal

Banyak penelitian menunjukkan bahwa untuk mengeluarkan senyawa nitrogen beracun dengan makan banyak daging merah, ginjal harus bekerja 3 kali lebih banyak. Ketika kita muda, ginjal kita sehat, sehingga tidak berdampak serius, tetapi seiring bertambahnya usia, ginjal kita melemah, proses mengeluarkan zat-zat ini menjadi beban bagi ginjal dan hasilnya adalah Ginjal tidak dapat didetoksifikasi secara efektif, sehingga berisiko memicu penyakit ginjal.

4. Asam Urat

Konsumsi daging merah bisa memicu asam urat meningkat dalam darah. Peningkatan kadar asam urat akan menumpuk di persendian jari tangan dan kaki dan bisa memicu rasa sakit luar biasa.

5. Memicu Kanker

Daging merah biasanya dibuat jadi daging olahan yang tinggi pengawet. jika berlebihan senyawa ini bisa memicu kanker dalam tubuh. Apalagi jika hewan ternak yang dikonsumsi berasal dari hewan yang tumbuh dengan zat tambahan seperti stimulan untuk megnggemukan maka lebih berbahaya.