-->

Wednesday, February 26, 2020

Awas, Sering Sariawan Bisa Jadi Tanda Kanker Mulut Hingga Infeksi Virus


Kamu pernah menderita sariawan? pasti pernah, penyakit ini memang bisa menyerang siapa saja baik muda maupun tua. Sariawan sendiri kondisi kesehatan yang sering dianggap sepele karena penyakit ini bisa sembuh sendiri tanpa diobati, padahal sariawan bisa menjadi salah satu tanda penyakit mematikan.

Terutama jika penyakit sariawan sering terjadi berulang-ulang dalam kurun waktu yang dekat, kamu perlu waspada. Nah berikut ada beberapa penyakit mematikan yang ditandai dengan munculnya sariawan yang cukup sering.

1. Infeksi

Sariawan bisa juga tanda kamu menderita penyait lain seperti terinfekso virus dari virus herpes maupun HIV/AIDS.. Selain itu bisa juga disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri.

2. Penyakit autoimun

Bercak leukoplakia yang menyerang selaput lendir mulut dan lichen planus yang menimbulkan ruam gatal pada kulit atau bagian dalam mulut juga dapat menimbulkan sariawan di bibir. Sariawan ini bisa disebabkan oleh penyakit autoimun seperti lupus hingga pemphigus vulgaris

3. Kanker mulut

Sariawan juga bisa menjadi tanda kamu mengidap kanker mulut atau lidah. Sariawan ini biasanya sering terjadi bahkan sulit sembuh hingga berminggu minggu. Jika muncul sariawan disertai tanda rasa nyeri, sulit menelan hingga merasakan mati rasa di area mulut sebaiknya anda perlu segera pergi ke dokter.

4. Kurang Nutrisi

Jika sariawan muncul dalam waktu berdekatan mungkin tubuh anda mengalami kekurangan nutrisi atau mal nutrisi. Tubuh yang alami kekurangan zat besi, zinc, asam folat, atau vitamin B12 bisa memciu beragam penyakit salah satunya sariawan.