Friday, March 06, 2020

Awas, 5 Barang Berikut Bisa Sebarkan Virus dan Bakteri


Bakteri dan virus bisa menyebar dengan beragam cara salah satunya dengan barang-barang yang sering kita sentuh setiap hari. Patogen ini bisa masuk kedalam tubuh dengan mudah karena banyak yang tidak menyadarinya.

Berikut barang barang di mana banyak bakteri dan virus dapat menyebarkan penyakit karena disentuh setiap hari tanpa disadari banyak orang.

1. Buku dan koran umum

Buku, koran, majalah di tempat-tempat umum dapat menjadi tempat penularan. Tempat umum seperti kafe dan perpustakaa siapapun dapat menggunakan buku, surat kabar, majalah ini. Karena itu, setiap orang perlu  mencuci tangan setelah membaca buku dari tempat umum.

2. Sabun

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sabun adalah salah satu benda yang mengandung bakteri paling banyak di rumah. Satu studi menemukan bahwa sabun yang sering digunakan dirumah terutama sabun batangan dapat mengandung hingga 200 juta bakteri.

3. Talenan

Banyak hal diletakkan di talenan, dari daging mentah hingga buah-buahan dan sayuran segar. Ini adalah alasan mengapa talenan menjadi tempat yang penuh bakteri hingga virus. Studi menunjukkan bahwa hingga 18% bakteri dalam daging ikan, sayuran, buah-buahan tetap menempel di talenan.

4. Pena

Pena juga merupakan rumah bagi banyak bakteri yang tanpa orang sadari, terutama pena di tempat-tempat umum seperti kantor, bank, kafe, sekolah yang biasanya digunakan banyak orang.

5. Keranjang belanja di supermarket

Banyak orang menggunakan kereta belanja di supermarket. Karena itu, ia juga menjadi tempa bakteri yang menyebabkan penyakit. Satu studi menemukan bahwa kereta belanja dapat membawa bakteri hingga 360 kali lebih banyak daripada pegangan pintu toilet umum.