Wednesday, March 18, 2020

5 Kebiasaan Secara Diam-Diam Bisa Rusak Ginjal


Ginjal memainkan peran penting dalam mengatur cairan dan bahan lainnya yang masuk kedalam tubuh, ginjal juga memiliki peran membantu menghilangkan limbah dan racun dari tubuh. Namun, tidak semua orang sadar akan melindungi organ ginjal yang tepat, ada banyak kebiasaan yang dilakukan orang yang ternyata secara diam-diam bisa membahayakan ginjal. Apa saja ? simak berikut ini.

1. Jarang Minum air putih

Jarang minum air putih dan memilih air lain seperti air soda dan minuman lainnya bisa berdampak serius pada ginja anda. Jika jumlah air putih dalam tubuh tidak mencukupi, itu akan mempengaruhi fungsi ginjal, keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh tidak akan baik.

Kemampuan mengeluarkan rancun limbah di ginjal pun akan semakin buruk. racun pun bisa dengan mudah menumpuk dalam tubuh sehingga memicu kerusakan jangka panjang pada ginjal dan kesehatan fisik secara menyeluruh.

2. Makan terlalu banyak garam

Garam memang dibutuhkan untuk tubuh demi metabolisme. Namun, jika kamu makan terlalu banyak garam, beban ginjal Anda akan meningkat. Selain itu, makan terlalu banyak garam mudah menyebabkan hipertensi dan dapat menyebabkan penyakit ginjal.

3. Makanan terlalu berminyak 

Makanan yang terlalu berminyak bisa menyebabkan obesitas, terlalu banyak air dan natrium yang disimpan dalam tubuh orang yang obesitas akan menambah beban pada ginjal, sehingga menyebabkan penyakit ginjal.

4. Makan terlalu banyak makanan kaya protein

Makanan ini kaya protein, yang dalam metabolisme tubuh menghasilkan urea dan produk limbah lainnya yang perlu disaring melalui ginjal dan diekskresikan dalam urin. Asupan protein berlebih akan memberi tekananberlebih di ginjal, dan dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan ginjal.

5. Suka minum minuman, kopi atau makan mie instan

Beberapa orang suka minum kopi atau minuman berkarbonasi seperti coca, dan bahkan makan mie instan untuk menghemat waktu. Makanan-makanan ini tinggi kalori dan relatif tinggi garam, yang memiliki efek buruk pada kesehatan ginjal.