-->

Thursday, March 19, 2020

5 Makanan Ampuh Mencegah Masalah Pernapasan


Menjaga kesehatan pernapasan sangat penting sekali terutama dalam kondisi darurat wabah virus Covid-19. Virus ini menyerang pernapasan dan bisa melumpuhkan paru-paru. Nah untuk itu anda perlu menjaga sistem kekebalan demi terhindar dari virus ini. Nah berikut ada beberapa makanan yang ampuh jaga sistem pernapasan kamu.

1. Jahe 

Jahe mengandung anti-inflamasi  yang berfungsi mendetoksifikasi paru-paru dan menghilangkan zat beracun dari paru-paru. Ketika kamu makan jahe secara teratur, itu dapat meningkatkan sirkulasi paru-paru, membantu paru-paru Anda tetap sehat dan mengurangi risiko terkena masalah pernapasan.

2. Bawang putih 

Bawang putih mengandung flavonoid yang merangsang produksi glutathione senyawa yang membantu menghilangkan racun atau zat karsinogen yang terperangkap dalam paru-paru.

Para peneliti juga menunjukkan bahwa orang makan 3 siung bawang putih mentah lebih kecil kemungkinannya terkena kanker paru-paru.

3. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang membantu mengurangi peradangan. Antioksidan dalam teh hijau bertindak sebagai antihistamin alami yang memperlambat pelepasan histamin yang menyebabkan gejala alergi di saluran pernapasan kamu.

4. Kembang kol

Kembang kol termasuk makanan yang kaya akan karotenoid, folat, fitokimia, dan vitamin C. Bahan aktif ini berfungsi melawan bahan berbahaya di paru-paru. Selain itu, dalam komposisi nutrisi kembang kol, ada senyawa aktif L-sulforaphane. Bahan aktif ini membantu sel-sel beralih ke gen anti-inflamasi yang secara efektif mencegah penyakit pernapasan.

5. Kopi

Jika Anda minum kopi secara teratur, Anda dapat mengurangi gejala asma bronkial. Kafein dalam kopi bertindak sebagai bronkodilator, membuka jalan napas tertutup dan mengurangi stres pernapasan. Para peneliti telah menunjukkan bahwa minum secangkir kopi di pagi hari akan meningkatkan fungsi paru-paru dan sistem pernapasan secara efektif.