Friday, March 06, 2020

6 Makanan Ini Bisa Tangkal Penyakit Kanker


Kanker merupakan penyakit yang mematikan, namun penyakit ini bisa dicegah. Kanker sendiri merupakan penyakit yang sangat rumit karena penyebabnya sangat misterius, namun banyak ahli sepekat kanker bisa disebabkan oleh kebiasaan atau gaya hidup seseorang.

Penyakit kanker bisa dicegah asal kamu membiasakan hidup sehat salah satunya adalah rajin makan makanan berikut.

1. Apple

Apel mengandung quercetin yang dapat melawan kanker dengan mengurangi peradangan pada tubuh dan mencegah pembusukan sel.

Kulit apel juga mengandung triterpenoid, yang juga memiliki sifat anti kanker yang kuat, jadi para ahli menyarankan untuk tidak mengupas kulit apel melainkan dimakan sekaligus.

Satu studi menemukan bahwa makan setidaknya satu apel sehari memiliki risiko kanker paru-paru 25% dan apel juga ampuh mencegah kanker usus hingga payudara.

2. Tomat

Bahan utama tomat adalah likopen yakni senyawa antioksidan yang mampu melawan kanker. Banyak penelitian menunjukkan bahwa antioksidan ini dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria.

3. Kopi

Sebuah penelitian terhadap hampir setengah juta orang, dari Queen's University Belfast (UK), pada tahun 2019, menemukan bahwa minum kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker hati yang mematikan.

Grain kopi juga mengandung asam chlorogenic, yang mencegah perkembangan sel-sel kanker. Dan kopi instan memiliki kandungan antioksidan dan anti kanker yang lebih sedikit dibandingkan kopi murni sehingga untuk hasil maksimal kamu wajin minum kopi non isntan.

4. Anggur

Anggur kaya akan resveratrol, zat yang berfungsi anti kanker yang kuat. Zat ini paling banyak terdapat di kulit anggur merah atau ungu. Karena itu, anggur atau jus anggur adalah sumber resveratrol terbaik untuk mencegaj beragam kanker.

5. Kembang kol

Sayuran seperti kembang kol mengandung glukosinolat. penelitian menunjukkan bahwa zat ini memiliki efek perlindungan terhadap tubuh terhadap kanker payudara.

Penelitian lain menemukan bahwa sulforaphane, yang ditemukan dalam kembang kol, dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara.

6.  Blueberry

Blueberry kaya akan vitamin C dan K, mangan dan serat, memiliki kekuatan antioksidan dan anti-kanker.

Studi di Amerika menunjukkan bahwa makan buah blueberry setiap hari dapat mengurangi risiko kanker usus hingga 57%.