Friday, March 13, 2020

Awas, Ini 4 Bahaya Jika Abaikan Penyakit Asam Urat


Asam urat yang menumpuk dalam tubuh bisa memicu beragam masalah yang paling umum adalah rasa nyeri luar biasa. Biasanya ini disebabkan oleh asam urat yang menkristal dalam sendi. Asam urat merupakan zat yang sejatinya dihasilkan dalam tubuh namun bisa melebihi ambang batas lalu bisa memicu banyak masalah.

Asam urat bisa keluar dengan sendirinya melalui urin namun juga bisa mengendap dalam darah sehingga memicu penumpukan di sendi. Jika tidak ditangani dengan cepat asam urat bisa memicu bahaya, apa saja? simak ulasan berikut ini.

1. Memicu Benjolan atau Tophi

Kadar asam urat yang berlebihan bisa memdadat lalu mengkristal dan ujungnya akan memicu tumbuhnya benjolan di area sendi di area kaki, jari kaki dan jari tangan. Benjolan ini juga dikenal dengan sebutan Tophi, benjolan ini bisa memicu rasa sakit luar biasa ketika asam urat dalam tubuh kambuh lagi.

2. Memicu Batu Ginjal

Asam urat yang berlbihan bisa menumpuk di ginjal, lalu membentuk kerikil seperti batu ginjal. Asam urat ini bisa masalah serius untuk ginjal karena bisa merusak organ ginjal anda.

3. Diabetes

Suatu penelitian menunjukkan bahwa kadar asam urat yang sangat tinggi dalam darah juga dipercaya bisa memicu peningkatan risiko diabetes hingga 20% lebih tinggi.

4. Kerusakan sendi

Asam urat yang tinggi bisa memicu sendi sendi tubuh. Penumpukan asam urat secara berlebihan bisa memicu sendi tidak berfungsi dengan baik, dalam jangka panjang bahkan bisa memicu kecacatan karena sendi bisa tidak berfungsi dengan baik.