-->

Wednesday, March 25, 2020

Kebiasaan -Kebiasan Ini Bisa Rusak Imun Anda


Anjuran menjaga dan menguat kekebalan tubuh atau imun harus dilakukan terutama di waktu saat ini demi melawan dan mencegah infeksi virus corona.

Salah satunya cara menjaga imun tetap bagus adalah sering minum air putih, makan sayur, dan buah-buahan. Namun semua itu belum cukup karena ada kebiasaan-kebiasaan yang tanpa sadar ternyata bisa menurunkan kadar kekebalan tubuh. Apa saja? simak yuk.

1. Stres

Stres yang tidak terkendali berbahaya bagi kesehatan. Wajar jika kamu panik terhadap situasi yang kacau namun sebaiknya hindari stres berkepanjangan karena bisa merusak kesehatan, stres bisa memicu tubuh memproduksi hormon kortisol yang lebih banyak. Hormon ini berpengaruh buruk bagi tubuh karena bisa menekan kekebalan tubuh menjadi lemah. Akibatnya anda pun rentan terkena penyakit.

2. Jerang Gerak

Kegiatan sosial distancing bahkan lockdown tidak seharusnya membuat anda jarang bergerak, karena jarang bergerak bisa menimbulkan masalah baru untuk kesehatan anda. 

Berolahraga sebisa mungkin walau itu hanya push up atau gerakan olahraga lainnya. Karena dengan bergerak secara teratur bisa membantu peradaran darah lebih baik sehingga kekebalan tubuh lebik baik juga.
3. Begadang

Kebiasaan begadang juga buruk untuk kesehatan tubuh. walau anda sering dirumah saat-saat ini sebaiknya tetap jaga waktu tidur anda, kebiasaan begadang bisa menurunkan kekebalan tubuh karena tubuh berkerja diwaktu yang salah. Saat waktunya tidur anda sebaiknya tidur karena tubuh pun memerlukan jam istirahat.

4. Merokok

Kebiasaan merokok juga buruk untuk kesehatan tubuh, asap rokok mengandung zat kimia yang bisa merusak kekebalan tubuh.

5. Minum Alkohol

Kebiasaan minum alkohol juga sangat buruk untuk kesehatan, kebiasaan ini bisa merusak secara perlahan organ-organ vital dalam tubuh.