Wednesday, March 25, 2020

Lima Makanan Ini Bisa Naikan Kadar Asam Urat


Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang sendi, penyakit ini diawali karena tubuh kelebihan asupan purin sehingga tubuh pun akan memproduksi asam urat.

Produksi asam urat berlebihan bisa menjadi hal buruk untuk kesehatan karena asam urat tadi bisa menumpuk di area sendi dan berubah menjadi kristal.

Kristal asam urat inilah yang nantinya bisa menyebabkan rasa tidak nyaman karena bisa memicu pembengkakan, rasa nyeri terbakar hingga kaku di area sendi.

Penyakit asam urat biasanya menyerang di malam hari yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, nah untuk itu anda perlu menghindari penyakit asam urat dengan mengurangi makanan makanan tinggi purin.

Nah berikut ada beberapa makanan yang bisa naikan kadar asam urat yang perlu dihindari.

1. Daging Merah dan Jeroan Hewan

Daging merah seperti daging sapi mengandung purin yang tinggi yang bisa menaikan kadar asam urat dengan cepat, jika kamu rentan terkena asam urat sebaiknya batasi makan daging merah.

Selain daging merah, daging jeroan seperti hati, ginjal, dan otak juga harus dihindari karena mengandung jumlah purin yang tinggi, di mana akan meningkatkan peradangan dan memicu serangan asam urat. Bagi kamu yang sangat suka jeroan sebaiknya kurangi makan makanan seperti ini karena tidak bagus.

2. Makanan Laut

Bagi penderita asam urat, kamu perlu menghindari beberapa jenis makanan laut, seperti sarden, makerl, udang, remis hingga kerang-kerangan.

Makanan laut jenis tadi sangat tidak bagus dikonsumsi karena purin yang tinggi. Bagi kamu yang tidak menderita asam urat masih bisa mengkonsumsinya asal tidak berlebihan.

3. Makanan olahan

Makanan olahan sangat buruk untuk penderita asam urat, bagi kamu yang pernah terkena asam urat hindari makanan olahan karena makanan seperti ini bisa menikan kadar asam urat dalam darah lebih cepat.

4. Minuman ringan

Minuman ringan yang mengandung gula buatan dari fruktosa sangat tidak dinajurkan untuk sering diminum. Minumanan ini tidak memiliki nilai gizi yang baik, dan sangat buruk karena bisa meningkatkan risiko terkena asam urat.

5. Minuman beralkohol 

Hati-hati alkohol adalah sumber purin. Baik wine, bir, serta jenis minuman beralkohol lainnya bisa meningkatkan  risiko penyakit asam urat hingga tingkatan tertentu.