Saturday, March 14, 2020

Makanan Yang Harus Dihindari oleh Penderita Batu Ginjal


Batu ginjal bisa menyakitkan dan memengaruhi kualitas hidup seseorang. Penyakit ini dapat sepenuhnya diobati dengan pengobatan yang tepat dan makan yang benar. Berikut adalah makanan yang harus dihindari ketika Anda menderita batu ginjal.

1. Bayam

Bayam kaya akan oksalat, senyawa ini ketika bergabung dengan kalsium bisa membentuk kristal kalsium oksalat atau bisa disebut batu ginjal. Nah untuk penderita masalah ginjal sebaiknya hindari sayuran bayam terlebih dahulu untuk mencegah pneyakit bertambah parah.

2. Tomat

Tomat juga adalah makanan kaya oksalat. Sayuran ini menambah rasa pada hidangan kamu. Namun, karena tomat kaya akan oksalat, dapat memperburuk kondisi ginjal. Nah untuk sementara waktu sebaiknya kurangi tomat.

3. Makanan Laut

Dokter menyarankan agar penderita batu ginjal menghindari makanan laut, daging, dan makanan tinggi protein lainnya karena mengandung banyak senyawa yang disebut purin. Ketika konsentrasi purin dalam tubuh meningkat, itu meningkatkan produksi asam urat, yang mengarah ke batu ginjal.

4. Sodium atau garam

Penderita batu ginjal harus mengurangi asupan garam. Asupan natrium yang tinggi akan memperburuk situasi. Batasi asupan garam hingga 2.500 miligram setiap hari.

Beberapa makanan yang mengandung sodium tinggi juga harus dihindari jika Anda memiliki batu ginjal seperti ikan goreng, ikan kering, acar, saus kalengan, saus tomat, chutneys, mentega asin, garam asin, keju, sayuran kaleng kaleng, kacang tanah dan makanan kemasan lainnya yang biasanya mengandung sodium yang tinggi untuk pengawetan.

5. Cokelat

Jika Anda memiliki batu ginjal, dokter sangat merekomendasikan membatasi atau lebih baik menghindari cokelat karena kaya akan oksalat.