Friday, April 03, 2020

10 Cara untuk Melindungi Kesehatan Mental selama di Rumah Aja


Kegiatan dirumah saja bisa membuat banyak orang tertekan hingga stres akibat kegiatan yang mungkin membosankan. Akibatnya kesehatan mental pun bisa berisiko dan memicu banyak masalah. Nah untuk mencegah kesehatan mental anda terganggu akibat kegiatan dirumah saja, berikut ini ada cara terbaik untuk membantu menjaga agar kesehatan mental kamu tetap baik.

1. Lakukan panggilan video rutin dengan keluarga, kerabat, teman, jika kamu tinggal sendirian.

2. Ceritakan kepada seseorang tentang perasaan atau hal-hal yang membuat kamu merasa sulit atau khawatir. jangan sungkan untuk curhat kepada orang lain demi meringankan beban.

3. Penuhi nutrisi dan keseimbangan, minum air yang cukup, berolahraga sesering mungkin (baik dalam ruangan maupun berolahraga di luar ruangan minimal di halaman rumah).

4. Tidur yang cukup. Selain itu, perlu menciptakan kebiasaan sehat untuk memastikan kualitas tidur: tidur tepat waktu dan bangun tepat waktu, hindari menggunakan minuman dengan kandungan kafein tinggi di malam hari. kerja dirumah dalam jangka panjang jangan dijadikan ajang malas-malasan.

5. Cobalah untuk mengendalikan emosi yang tidak menyenangkan. Fokus pada hal-hal yang dapat kamu kendalikan dan lakukan hal-hal yang membuat kamu merasa lebih baik.

6. Mengelola perilaku media sosial kamu dan informasi yang kamu terima. Berita palsu di jejaring sosial, atau mendapatkan banyak informasi  dapat membuat Anda gugup bahkan emosi jiwa. Karena itu, kamu harus berhati-hati dengan berita terutama saat wabah seperti ini, memeriksa dan membandingkan informasi yang dapat dibaca online, dan mengurangi waktu untuk melihat jejaring sosial dalam sehari.

7. Buat jadwal kerja harian, dengan fokus pada tugas-tugas praktis praktis, seperti membersihkan, memasak, berolahraga, membaca, menelepon kerabat.

8. Lakukan hal-hal yang membuat kamu bahagia dan nyaman. Jika kamu biasanya suka bersosialisasi, pergi keluar untuk bertemu orang-orang, kegiatan favorit kebanyakan terjadi di luar, maka sekaranglah saatnya untuk mencoba hal-hal baru di dalam rumah, seperti memasak, membuat, melakukan yoga, mengikuti kursus daring untuk menambah wawasan.

9. Jaga pikiran Anda aktif dengan membaca, menulis atau menonton film dokumenter yang berisi tetntang pengetahuan. jangan biarkan pikiran kamu tidak terisi dengan hal-hal baik.

10. Jika memungkinkan, sekali kali anda bisa keluar untuk hirup udara tapi tetap ingat jaga jarak dengan orang lain. Kamu bisa keluar rumah misalnya dihalaman kamu sendiri, Jika kamu tidak bisa keluar, luangkan waktu untuk membuka jendela, nikmati udara alami dan sinar matahari.