Friday, April 03, 2020

3 Vitamin dan Mineral Meningkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Mencegah Infeksi Covid-19


Meningkatkan daya tahan tubuh saat ini sangat penting demi mencegah terkena infeksi virus. Terutama bagi kamu yang berdiam diri dirumah tentu menjaga kesehatan sangat penting, nah berikut ada asupan penting yang wajib kamu konsumsi agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

1. Vitamin A

Vitamin A berfungsi melindungi mata, untuk menjaga pertumbuhan tulang, gigi, melindungi mukosa dan kulit. Selain itu, ia juga berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap infeksi bakteri.

Kamu dapat menemukan vitamin A dalam makanan seperti hati hewan, lemak dari daging, telur, susu, krim, mentega. Umbi kuning, merah, hijau tua, minyak kelapa sawit, dll.

2. Vitamin C

Seperti kita ketahui, vitamin C memiliki kapasitas antioksidan tinggi, melindungi tubuh terhadap radikal bebas. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan untuk melawan alergi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, merangsang produksi cairan empedu dan melepaskan hormon steroid.

Vitamin C juga dibutuhkan dalam konversi kolesterol menjadi asam empedu, yang terlibat dalam detoksifikasi racun dalam tubuh. Kamu dapat menemukan vitamin ini dalam sayuran seperti jeruk, brokoli, tomat, stroberi, paprika hijau dan merah

3. Seng

Seng berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh. Seng membantu mengembangkan dan mempertahankan fungsi efektif sistem kekebalan tubuh, yang diperlukan untuk melindungi tubuh dari patogen, membantu luka sembuh dengan cepat. Kekurangan seng mengurangi pertumbuhan dan fungsi sebagian besar sel imun.

Selain itu, seng juga membantu menjaga dan melindungi sel perasa dan penciuman. Kekurangan seng mempengaruhi sel-sel ini, menyebabkan anoreksia karena gangguan selera.

Jenis udang, belut, tiram, kerang, hati babi, daging merah, kacang hijau, telur, biji labu dan bunga matahari, susu, daging sapi, kuning telur, ikan, kedelai , kacang mete, kacang tanah semuanya kaya akan seng.