Sunday, May 17, 2020

5 Kebiasaan Ini Ternyata Picu Kerusakan Ginjal

merusak ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh manusia yang sangat vital salah satu fungsi ginjal yang paling vital adalah membuang racun dalam tubuh. Jika ada masalah pada organ ini tentu akan berdampak buruk pada kesehatan yang bisa mengancam nyawa.

Organ ginjal bisa mengalamai kerusakan, banyak sekali kejadian kerusakan ginjal yang tidak disadari para penderitanya. Nah berikut ini ada beberapa kebiasaan yang ternyata bisa merusak ginjal anda secara diam-diam.

1. Mengonsumsi obat tanpa resep dokter

Banyak orang ternyata memiliki kebiasaan minum obat tanpa resep dokter. Kebiasaan mendiagnosa penyakit sendiri lalu meresepkan obat sendiri merupakan kebiasaan buruk yang bisa merusakan kesehatan secara menyeluruh, organ ginjal termasuk organ paling rentan karena kebiasaan ini. Obat-obatan yang dikonsmusi tanpa alasan jelas bisa memicu penurunan fungsi ginjal. Penting sekali untuk membiasakan diri pergi kedokter untuk mendapatkan resep.

2. Kebiasaan makan makanana asin

Makanan asin atau makanan yang tinggi garam memang sangat enak, bahkan cenderung bisa membuat seseorang kecanduan karena rasanya guring dan lezat. Tapi anda perlu hati-hati karena kebiasaan ini bisa membuat organ ginjal anda rusak lebih cepat.

3. Terlalu banyak makan makanan olahan

Makanan olahan juga buruk sekali untuk kesehatan ginjal, jika kamu suka makan makanan olahan setiap hari mulailai berpikir ulang melakukan kebiasaan ini karena makanan olahan bisa mengandung banyak bahan pengawet yang berbahaya untuk organ ginjal anda.

4. Keseringan begadang

Organ ginjal perlu istirahat, ginjal bisa rusak jika kamu keseringan begadang. Kebiasaan begadang bisa merusak ritme kerja ginjal dan memicu ginjal bekerja lebih ekstra karena siklus tidur yang tida teratur.

5. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok tak hanya merusak organ pernapasan seperti paru-paru saja, kebiasaan ini bisa merusak organ ginjal anda juga. Ribuan zat kimia yang masuk kedalam tubuh bisa membebani organ ginjal dan bisa memicu organ ginjal anda mati.