Wednesday, May 13, 2020

Awas, Ini 5 Gejala Kanker Ginjal yang Sering Diabaikan


Kanker ginjal adalah salah satu kanker paling umum di dunia, kanker ginjal juga termasuk kanker yang banyak merenggut nyawa. Namun kanker ginjal bisa disembuhkan apabila kamu bisa mengetahuinya lebih awal.

Oleh karena itu, deteksi gejela peringatan dini dari kanker ginjal akan secara signifikan meningkatkan kelangsungan hidup. Nah, untuk itu anda perlu mengetahui beberapa gejala umum kanker ginjal yang perlu Anda ketahui sebagai berikut.

1.  Darah dalam urin

Ketika ada yang salah dengan ginjal biasa akan muncul gejala urin yang berwarna merah muda, ini merupakan urin yang bercampur dengan darah.

Jika kamu melihat kejadian ini terjadi setiap hari, atau hanya dapat terjadi sekali - atau kadang-kadang. anda perlu waspada.

Jika Anda melihat darah dalam urin Anda, Anda perlu menemui dokter Anda segera untuk mengetahui apakah Anda memiliki kanker ginjal atau kondisi lain yang mendasari seperti infeksi atau kerusakan ginjal.

2. Nyeri punggung bagian bawah

Nyeri punggung sering terjadi, meski tidak biasa, itu juga bisa menjadi tanda kanker ginjal.
Bagaimana Anda tahu kapan sakit punggung Anda disebabkan oleh kanker ginjal?
Menurut ahli sakit punggung akibat kanker ginjal dapat berkisar dari berdenyut di satu sisi atau di bawah tulang rusuk, hingga nyeri di bagian punggung bawah.

Jika rasa sakitnya tiba-tiba dan berlangsung lebih dari beberapa hari, Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

3. Anemia dan kelelahan

Kelelahan akibat kanker dapat dibedakan dari kelelahan biasa - kelelahan ini bisa terjadi tanpa sebab yang jelas, sangat melelahkan sehingga tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dan cenderung menjadi lebih buruk.

Kanker ginjal bisa memicu jumlah sel darah merah yang rendah, juga dapat menyebabkan kelelahan, dan ini merupakan gejala umum kanker ginjal.

4. Penurunan berat badan secara tiba-tiba

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan adalah tanda umum dari banyak kanker, jadi ini merupakan gejala yang harus diwaspadai.

5. Gejala kanker ginjal lainnya

Demam yang berkepanjangan adalah tanda peringatan lain. beberapa orang dengan kanker ginjal masih mengalami demam tinggi dan keringat malam yang tidak disebabkan oleh pilek atau flu. Jika Anda mengalami demam tinggi bertahan selama beberapa minggu atau tidak ada penyebab yang jelas, yang terbaik adalah segera menemui dokter untuk mengetahui penyebabnya.