Thursday, May 14, 2020

Lima Makanan Pemicu Kolesterol Naik


Tumpukan kolesterol jahat dalam tubuh bisa memicu banyak penyakit, Jumlah lemak kolesterol jahat yang terkumpul dalam waktu yang lama akan menjadi beban bagi organ-organ seperti hati, jantung, ginjal. Kondisi ini dalam jangka waktu panjang bisa memicu komplikasi berbahaya seperti infark miokard, stroke, serangah jantung bahkan bisa berakibat fatal hingga kematian mendadak.

Nah berikut ada beberapa makanan pemicu baiknya kolesterol yang patut kamu waspadai.

1. Makanan yang dipanggang

Makanan ini mengandung lemak trans (lemak paling berbahaya) yang diketahui meningkatkan kadar trigliserida. Makanan yang dipanggang juga mengandung lemak jenuh, yang meningkatkan kadar trigliserida dalam darah Anda. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah, yang menyebabkan penyakit kardiovaskular.

2. Daging Merah

Orang dengan lemak darah tinggi harus menghindariatau setidaknya membatasi menggunakan makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging sapi, sapi, babi, telur, susu. 

3. Daging Olahan

Studi menunjukkan bahwa konsumsi daging olahan secara teratur, bahkan 100 gram per hari, dapat menggandakan risiko penyakit jantung. Sebagian besar daging olahan, terutama daging merah, mengandung bahan pengawet yang meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh yang akhirnya bisa memicu risiko penyakit jantung.

4. Jeroan

Jeroan hewan adalah makanan yang jauh lebih tinggi protein, lemak jenuh dan kolesterol jahat daripada makanan lainnya. Organ internal sangat berbahaya bagi orang dengan tekanan darah tinggi, lemak darah, penyakit kardiovaskular, orang yang punya asam urat, dan kelebihan berat badan. Karena itu, bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan ini.

5. Makanan tingggi gula

Gula adalah penyebab kenaikan berat badan, obesitas dan terutama gula sederhana seperti madu, gula rafinasi. Karena itu, orang dengan kolesterol tinggi harus mengurangi gula dan produk-produk manis seperti kue, permen, es krim, yogurt.