-->

Friday, August 07, 2020

5 Jenis Makanan yang Bisa Merusak Organ Hati

Hati merupakan organ penting dalam tubuh yang memegang peranan penting. Organ ini dikenal sebagai "pabrik detoksifikasi" terbesar tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi organ hati dari kerusakan. Berikut ini ada beberapa makanan yang berbahaya bagi hati yang harus Anda ketahui.

1. Acar

Acar merupakan salah satu lauk pauk yang populer dan digemari banyak orang. Namun, acar umumnya mengandung nitrit dan garam dalam jumlah tinggi. Makan acar berlebihan akan menyebabkan kelebihan garam dan nitrit, sehingga menambah beban pada hati sehingga berisiko menyebabkan penyakit berbahaya.

2. Makanan yang dipanggang

Makanan yang dipanggang adalah makanan favorit banyak orang. Namun kualitas gizinya tidak tinggi. Selama proses pengolahan, dipanggang di atas api, daging mudah menghasilkan zat yang tidak baik untuk hati, atau bahkan menyebabkan kanker.  

3. Makanan Berlemak Tinggi

Lemak diperlukan untuk menyediakan energi dan mempertahankan fungsi fisiologis normal tubuh, tetapi makan terlalu banyak lemak akan memberikan tekanan berat pada hati.  Ini bisa meningkatkan jumlah lemak yang harus ditangani oleh hati, yang dapat menyebabkan masalah pada hati, terutama perlemakan hati.

Makan terlalu banyak lemak hewani akan lebih berbahaya karena kemampuan hati untuk memecah jenis lemak ini jauh lebih rendah dibandingkan lemak nabati. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makan terlalu banyak lemak dari makanan sehari-hari seperti daging berlemak, minyak goreng, dan makanan olahan dengan lemak dalam jumlah banyak.

4. Daging Merah 

Dengan kandungan protein yang kaya, daging merah merupakan makanan esensial dalam menu makanan manusia setiap hari. Namun, banyak penelitian menunjukkan bahwa mengurangi jumlah daging merah dalam diet Anda akan membantu Anda memiliki hati yang lebih sehat. Jika hati Anda sehat, ia dapat memecah protein dalam daging dengan mudah.  Jika hati Anda lemah, maka protein akan sulit dimetabolisme.

Ketika hati mengalami gangguan fungsi metabolisme protein, kelebihan protein menjadi racun dan secara langsung mempengaruhi otak, menyebabkan pusing dan kelelahan. Pakar nutrisi merekomendasikan untuk menghindari daging merah, terutama jika Anda telah didiagnosis menderita penyakit hati. Beberapa daging putih seperti ayam dan ikan akan menjadi pilihan yang baik bagi Anda untuk mendapatkan protein dan masih tidak merusak fungsi hati.

5. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji tidak baik untuk hati, ginjal dan berpotensi menyebabkan obesitas. Dalam makanan cepat saji seringkali tinggi lemak dan gula (atau pemanis buatan). Jika dikonsumsi terlalu banyak akan menambah beban pada lever.