-->

Monday, September 28, 2020

5 Kebiasaan Ini Membantu Kamu Terhindar dari Penyakit Batu Ginjal

Ginjal memiliki fungsi vital sekali, organ ini memiliki fungsi sebagai penyaring setiap makanan atau minuman yang masuk kedalam tubuh. Jika ada racun ginjal akan memisahkannya lalu akan membuangnya bersama urin. Namun, ginjal kamu juga rentan terkena masalah, salah satunya adalah munculnya batu ginjal.

Batu ginjal ini bisa muncul karena banyak alasannya, seperti kebiasaan minum alkohol, mengonsumi makanan asin berlebih. Nah, ketika kamu terkena masalah batu ginjal bisa membuat kamu sulit beraktivitas, sebab biasanya memicu rasa sakit yang luar biasa.

Karena itulah, anda perlu waspada dan berhati-hati. Untuk menjaga kesehatan ginjal dan agar anda terhindar dari batu ginjal sebaiknya lakukan kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

1. Minum banyak air

Minum lebih sedikit air adalah salah satu penyebab batu ginjal. Anda perlu minum banyak air untuk mengeluarkan racun dan partikel berbahaya yang bisa membentuk batu ginjal. Air putih biasa berguna sekali untuk detoksifikasi ginjal.

2. Sarapan secara teratur 

Saat ini, banyak orang dengan gaya hidup yang cepat, pekerjaan atau pola makan yang harus melewatkan sarapan. Namun, kebiasaan ini dapat memengaruhi sekresi empedu dan asam di lambung. Dalam jangka panjang, fungsi sistem pencernaan akan menurun, mempengaruhi lambung, hati, dan ginjal, mempengaruhi kesehatan Anda secara serius.

3. Kurangi makan makanan yang tinggi asam oksalat 

Kombinasi asam oksalat dengan kalsium dapat menghasilkan kalsium oksalat yang mengendap dan membentuk batu ginjal. Oleh karena itu, dokter sering menganjurkan agar masyarakat menghindari atau membatasi makan makanan tinggi asam oksalat.

4. Makan lebih sedikit gula 

Konsumsi gula yang berlebihan bisa membuat tubuh Anda tidak akan bisa mencernanya. Saat itu terjadi, zat tersebut akan menumpuk di dalam tubuh dan lama-kelamaan berubah menjadi batu. Selain itu, makanan bergula juga akan meningkatkan jumlah asam oksalat penyebab batu ginjal.

5. Kontrol berat badan 

Kelebihan berat badan merupakan penyumbang utama batu ginjal. Karena itu, Anda perlu memperhatikan menjaga berat badan yang ideal mengurangi jumlah kalori, olahraga setiap hari untuk mencegah obesitas.