-->

Saturday, September 12, 2020

5 Makanan Ini Bisa Memperkuat Jantung

Banyak orang yang percaya bahwa makanan berlemak tinggi itu tidak baik. Namun, beberapa makanan berlemak berikut ini malah bisa menyehatkan organ tubuh, salah satunya adalah jantung. 

1. Alpukat

Menurut Medical News Today, 1/2 buah alpukat mengandung 10 g lemak tak jenuh tunggal dan 2 g lemak tak jenuh ganda. Kaya akan asam oleat, sejenis lemak tak jenuh tunggal, memiliki efek anti virus. Selain itu, alpukat juga mengandung hampir 20 vitamin, mineral dan fitonutrien yang bermanfaat termasuk vitamin E, asam folat, serat. Lemak tak jenuh yang dikandung sangat bagus untuk peradaran darah dan cocok untuk memperkuat jantung.

2. Ikan Salmon

Ikan salmon juga bagus untuk jantung, ikan ini kaya akan lemak tak jenuh dan asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam kesehatan jantung dan otak. The American Heart Association merekomendasikan makan ikan berlemak dua kali seminggu.

3. Almond

Satu ons (31 g) almond mengandung 9 g lemak tak jenuh tunggal dan 3,5 g lemak tak jenuh ganda. kacang almond memiliki efek menyeimbangkan jumlah kolesterol dalam tubuh, mendukung kemampuan jantung untuk bekerja. Selain itu, kacang ini juga kaya vitamin E, magnesium, mangan, serat yang berguna untuk menghindarkan kamu dari serangan jantung.

4. Yogurt


Makanan ini mengandung bakteri probiotik yang baik, yang mendukung fungsi usus. Makan yogurt secara teratur dapat mencegah penambahan berat badan, mengurangi obesitas dan meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa wanita yang makan lebih dari 5 cangkir yogurt seminggu memiliki penurunan tekanan darah tinggi sebesar 20%.