-->

Friday, September 25, 2020

6 Buah yang harus Dihindari Penderita Diabetes

Meski buah itu sehat, beberapa buah bisa berbahaya bagi penderita diabetes. Setiap buah berbeda dalam jumlah antioksidan dan nutrisinya serta dapat memberikan manfaat kesehatan tergantung kondisi dan kebutuhan tubuh.

Bagi penderita diabetes, buah-buahan yang berbeda dapat menyebabkan perubahan kadar gula darah yang berbeda pula. Untuk amannya, para penderita diabetes harus menghindari beberapa buah berikut yang dapat meningkatkan gula darah.

1. Mangga 

Setiap 100 gram mangga mengandung sekitar 14 gram gula, yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula darah. Meskipun mangga adalah "raja buah"  merupakan salah satu buah paling enak di dunia, penderita diabetes harus menghindarinya karena kandungan gulanya yang tinggi. Konsumsi mangga secara teratur dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang berkepanjangan.

2. Sawo

Buah ini mengandung sekitar 7 g gula per 100 g. Indeks glikemik diatas 55 serta kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi pada sawo bisa sangat merugikan bagi penderita diabetes. Indeks glikemik (GI) suatu makanan adalah indikator seberapa cepat gula darah melonjak setelah memakannya.

3. Anggur 

Karena anggur tinggi gula, anggur tidak boleh kamu konsumsi karena bisa memicu masalah gula darah, anggur 100 g anggur dapat mengandung hampir 18 g karbohidrat.

4. Buah plum 

Plum adalah salah satu buah utama yang harus dihindari penderita diabetes. Dengan nilai GI 103, ¼ cangkir plum mengandung 24 g karbohidrat.  artinya buah ini bisa menikan kadar gula anda.

5. Sirsak

Sirsak bukanlah pilihan terbaik untuk penderita diabetes. 100 g sirsak mengandung 23 g karbohidrat. Beberapa penelitian menunjukkan buah ini bisa memicu lonjakan gula darah anda harus berhati-hati. 

6. Semangka 

Semangka memiliki nilai GI 72 setengah cangkir dapat mengandung sekitar 5 g karbohidrat, sehingga hanya dalam porsi yang sangat kecil yang dapat dikonsumsi.