-->

Tuesday, September 15, 2020

6 Gejala Kanker Paru-Paru yang Sering Diabaikan

Kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang cukup mematikan kaner ini juga banyak diderita orang belakangan ini. Kanker paru-paru termasuk jenis kanker yang sulit dideteksi hingga mudah menyebar ke organ lain ketika terdeteksi.

Pada tahap awal, kanker paru-paru biasanya asimtomatik atau tidak bergejala.  Hanya pada tahap akhir gejala batuk, mengi dan nyeri muncul.  Tetapi ada gejala yang bisa kamu sadari, Berikut ini adalah gejala kanker paru-paru yang tidak biasa.

1. Nyeri, mual, sembelit 

Sekitar 10% orang yang terkena kanker paru-paru mengelami hiperkalsemia, atau kondisi dimana kalsium ditemukan cukup banyak didalam darah, kondisi ini menyebabkan rasa sakit, mual atau sembelit, kehilangan nafsu makan dan rasa haus yang ekstrim, buang air kecil yang berlebihan.

2. Nyeri punggung atau bahu 

Tumor berkembang di bagian atas paru-paru, biasanya menyebar ke tulang rusuk, tulang belakang, saraf, dan pembuluh darah, dan jarang mempengaruhi sistem pernapasan, tetapi sering menyebabkan nyeri pada tulang belikat, punggung atas, dan lengan.

3. Memicu Masalah pada Mata

Kanker yang mucnul di bagian atas paru-paru juga dapat memengaruhi saraf yang mencapai mata dan sebagian wajah, ini bisa menyebabkan satu mata menjadi lebih kecil dan kelopak mata jatuh, dan bisa memicu penglihatan kabur.

4. Sakit kepala  

Sel kanker di paru-paru memicu masalah sarag dan menekan aorta superior yang menuju ke otak, yang dapat menyebabkan sakit kepala atau kehilangan kesadaran. 

5. Pembengkakan pada wajah, leher, lengan  

Bagian tubuh seperti leher, lengan, dan wajah Anda mungkin mengalami pembengkakan karena kelebihan cairan yang diakibatak kanker paru.

6. Sulit Berbicara dan Menelan

Saat kanker berkembang biasanya dapat menyebabkan tulang mudah patah, menyebabkan nyeri di seluruh tubuh, membuat sulit untuk berbicara dan menelan.