-->

Friday, September 18, 2020

Gejala Kanker Usus yang Wajib Kamu Waspadai

Kanker usus merupakan penyakit mematikan, Kanker usus juga salah satu jenis kanker yang paling umum. Berikut adalah gejala peringatan yang harus diwaspadai setiap orang.

Kanker usus besar adalah istilah umum untuk kanker yang dimulai di usus besar. Kebanyakan orang yang didiagnosis dengan penyakit ini berusia di atas 60 tahun, Namun belakangan banyak orang yang masih berusia muda juga terkena kanker ini.

Peristiwa terbaru ada pemeran Black Panther, Chadwick Boseman. Dirinya dikabarkan meninggal setelah melawan penyakit kanker usus.

Apa saja gejala kanker usus besar? 

Tanda-tanda peringatan kanker usus besar terkadang bisa luput dari perhatian, yang dapat membuat diagnosis dini menjadi sulit. Gejala kanker usus biasanya disepelekan dengan gejala penyakit ringan dan tidak selalu membuat Anda merasa sakit. Ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan berikut ini.

1. Perubahan kebiasaan buang air besar yang terus-menerus - buang air kecil lebih sering, dengan kotoran yang lebih encer dan berair dan terkadang sakit perut.

2. Darah dalam tinja tanpa gejala wasir lainnya - ini membuat kemungkinan penyebabnya adalah wasir.

3. Sakit perut, mules, perut melirit dan kembung yang selalu disebabkan oleh makan - terkadang mengakibatkan penurunan jumlah makanan yang dimakan dan bisa memicu penurunan berat badan secara mendadak.

Jika gejala ini berlanjut selama lebih dari empat minggu, Kamu harus segera untuk menemui dokter umum untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dokter kamu kemudian dapat melakukan pengujian, yang mungkin melibatkan melakukan kolonoskopi atau CT kolonografi.

Bisakah kanker usus besar disembuhkan? 

Jika diketahui lebih awal, kanker usus bisa disembuhkan. Jika terdeteksi cukup dini, pengobatan dapat menyembuhkan kanker usus dan menghentikannya proses pertumbuhannnya. 

Namun, Sayangnya, penyembuhan total tidak selalu memungkinkan dan terkadang ada risiko bahwa kanker  usus bisa kembali muncul maka dari itu kamu perlu waspada.

kanker usus yang terlambat ditangani sejak dini lebih berisiko tinggi. Jadi kamu wajib sekali mewaspadai gejala-gejala kanker ini.