-->

Tuesday, September 15, 2020

Kenali 6 Tanda Serangan Jantung Sebelum Terlambat

Serangan jantung merupakan penyakit berbahaya, penyakit ini tidak mengenal usia karena bisa menyerang siapa saja. Bahkan kamu yang terlihat sehat dan bugar pun bisa terkena serangan jantung. Serangan jantung merupakan penyakit yang bisa datang secara tiba-tiba, namun biasanya beberapa saat sebelum serangan jantung tubuh memberi peringatan.

Nah berikut tanda-tanda serangan jantung yang harus kamu kenali sebelum semuanya terlambat.

1. Kaki bengkak

Akumulasi cairan berlebih di jaringan juga bisa menjadi tanda gagal jantung. Biasanya muncul area tubuh yang membengkak seperti area kaki dan tangan.

2. Batuk lendir

Menurut American Heart Association, batuk terus-menerus dan muncul lendir berwarna merah muda atau putih disebabkan oleh gagal jantung yang menyebabkan darah bocor ke paru-paru. Anda harus hati-hati ketika tanda ini muncul.

3. Nyeri di rahang, bahu, punggung, atau lengan

Tanda serangan jantung bisa dirasakan nyeri di area rahang, gigi dan leher, atau lengan, punggung atau bahu, sesak atau tertekan di tubuh.

4. Keringat dingin

Mudah berkeringat dingin dan merinding adalah salah satu gejala khas serangan jantung.

5. Sesak napas 

Sesak napas yang terus-menerus dapat disebabkan oleh masalah jantung. Darah menumpuk di pembuluh darah, mengeluarkan cairan ke paru-paru dan menyebabkan masalah pernapasan.

6. Denyut jantung lambat 

Detak jantung yang lambat juga bisa menjadi tanda gagal jantung. Jika jantung Anda berdetak kurang dari 60 kali per menit, temui dokter kamu segera.