-->

Friday, September 11, 2020

Makanan yang Melindungi dan Membersihkan Paru-Paru

Paru-paru merupakan organ yang memiliki fungsi vital untuk pernapasan, karena itulah organ ini juga rentan terkena masalah akibat paparan racun dan polusi. Nah Makanan berikut ini dapat membantu membersihkan paru-paru dan melindunginya.

1. Apel 

Apel memiliki buah yang bergizi, mengandung tinggi serat, rendah kalori yang harus anda konsumsi serutin mungkin. Apel juga mengandung Flavonoid yang memiliki fungsi untuk membantu menjaga kesehatan sistem pernapasan dan melindungi paru-paru dari kerusakan dari partikel berbahaya dari asap atau polusi udara.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, mendetoksifikasi racun dari paru-paru. Salah satu bahan makanan ini juga ampuh mengurangi penyumbatan dan meningkatkan sirkulasi udara ke paru-paru, sehingga dapat meningkatkan kesehatan paru-paru.

3. Kol

Sayuran ini mengandung banyak vitamin C, folat, karotenoid, dan fitokimia yang berguna untuk melawan partikel dan polutan yang berbahaya di paru-paru. Kol memiliki senyawa aktif yang disebut L-sulforaphane, yang membantu sel beralih ke gen anti-inflamasi untuk mencegah penyakit pernapasan.

4. Teh hijau 

Berkat antioksidannya, teh hijau membantu menenangkan tubuh, mengurangi peradangan, dan menyembuhkan dengan lebih baik. Antioksidan dalam teh hijau berfungsi sebagai antihistamin alami, memperlambat pelepasan histamin yang menyebabkan alergi.

5. Bawang putih 

Bawang putih juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebuah studi dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menemukan bahwa orang yang makan bawang putih secara rutin bisa lebih terhindar dari kanker paru-paru.