-->

Tuesday, October 13, 2020

Awas! 6 Gejala yang Menandakan Anda Terkena Kanker Rahim


Kanker rahim adalah kanker ketiga yang paling mematikan untuk wanita di seluruh dunia. Kanker rahim sering menyerang kelompok usia 40 sampai 55 tahun, namun belakangan banyak wanita berusia 30 tahun yang terserang kaner ini cukup tinggi.

Karena jenis kanker ini berkembang secara perlahan, kanker ini dapat dengan mudah dideteksi sejak dini jika Anda melakukan pemeriksaan kanker serviks secara teratur, Namun banyak dari wanita abai dengan pemeriksaan sehingga banyak kasus yang ditemukan sudah cukup parah sehingga proses penyembuhan sedikit sulit bahkan dalam kasus tertentu tidak bisa lagi disembuhkan. 

Nah, untuk itu para wanita diharuskan untuk waspada dan mengenali gejala awal dari kanker rahim. Berikut ulasannya.

1. Darah menstruasi tidak seperti biasanya

2. Nyeri saat berhubungan seksual

3. Sakit di area panggul dan perut bagian bawah

4. Pendarahan setelah hubungan seksual 

5. Meningkatnya cairan vagina yang kering atau berdarah tanpa alasan. Warnanya putih, coklat dan kemerahan. Terkadang berbau busuk 

6. Pendarahan tidak normal setelah menopause

Pemicu kanker rahim disebabkan oleh virus bernama human papillomavirus (HPV). Ini merupakan adalah penyebab utamanya. Biasanya ditularkan melalui aktivitas seksual, hubungan seksual dengan pasangan yang tidak aman sehingga meningkatkan risiko infeksi. 

Sebagian besar infeksi sembuh secara spontan, tetapi terkadang berkembang menjadi ganas dan menyebabkan kanker. Selain virus kebiasaan merokok, melakukan hubungan seks di usia dini, penggunaan obat-obatan tanpa pengawasan juga bisa memicu penyakit kanker rahim.