-->

Friday, October 09, 2020

Harus Tahu, 4 Pemicu Stroke pada Anak Muda

Penderita stroke dikalangan anak muda terus meningkat. penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahun sekitar 15 juta orang menderita stroke otak, sekitar 5 juta di antaranya cacat permanen dan 5 juta orang meninggal dunia. Oleh karena itu, diperlukan tindakan tepat waktu untuk mencegah terjadinya stroke otak. 

Nah, berikut ini ada beberapa pemicu stroke yang perlu kamu waspadai bila kamu tidak ingin terkena serangan stroke.

1. Kebiasaan Merokok

Sekitar 50% penderita anak muda yang terkena stroke memiliki kecanduan merokok, studi terbaru menunjukkan korelasi antara jumlah rokok yang dihisap per hari dan risiko stroke otak. 

Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa mengandung sekitar 7.000 bahan kimia seperti karbon monoksida, formaldehida, ars‌enik, dan sianida. Zat ini bisa masuk ke aliran darah setelah diserap ke paru-paru, zat berbahaya tadi bisa menghancurkan sel-sel di dalam tubuh. Perubahan bahan kimia ini meningkatkan risiko aterosklerosis, kerusakan pembuluh darah otak lalu memicu stroke.

2. Jarang Olahraga

Kebiasaan jarang olahraga juga bisa memicu stroke. Aliran darah dalam tubuh menjadi kurang lancar, ditambah lagi dengan gaya hidup anak muda zaman sekarang yang lebih suka duduk didepan komputer atau main dengan smartphone terlalu lama kebiasaan ini juga berdampak serius pada masalah kesehatan secara menyeluruh.

3. Suka Minum Minuman Beralkohol

Minum alkohol bisa meningkatan insiden perdarahan otak dan memicu storke. Minuman keras tersebut bisa merusak pembuluh darah dan memicu pengerasan pemubuluh darah sehingga dapat memicu stroke. Apalagi kebiasaan ini dilakukan saat masih muda maka risiko bahayanya semakin meningkat.

4. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan juga bisa meningkatkan risiko kamu terkena stroke di usia muda. Nah kalo kamu memiliki berat badan berlebih sebaiknya segera anda segera berkonsultasi untuk mengubahkan menjadi ideal agar terhindar dari penyakit stroke dan penyakit lainnya.