-->

Tuesday, November 03, 2020

4 Kebiasaan Sepele Picu Batu Ginjal ! Sering Dilakukan Banyak Orang Termasuk Kamu

Mengetahui penyebab dan faktor risiko batu ginjal dapat membantu mencegah dan mengendalikannya. Batu ginjal terbentuk ketika mineral dan garam tertentu dalam urin menggumpal menjadi kristal. Semakin menggumpal, kristal menjadi lebih besar dan berubah menjadi batu.

Berikut 4 penyebab utama batu ginjal yang sering dilakukan banyak orang.

1. Tidak minum cukup air setiap hari 

Tidak minum cukup air setiap hari dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Orang yang tinggal di daerah beriklim hangat dan kering serta mereka yang banyak berkeringat mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal dibandingkan orang lain. Hindari minum minuman bersoda biasakanlah minum air mineral biasa untuk mencegah kerusakan pada ginjal anda.

2. Konumsi Gula dan garam secara berlebihan

Makan makanan yang tinggi garam dan gula dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Terlalu banyak garam dalam makanan akan meningkatkan jumlah kalsium yang harus disaring oleh ginjal dan secara signifikan meningkatkan risiko batu ginjal. 

3. Kebiasaan Makan gorengan dan daging merah

Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti gorengan bisa memicu kegemukan. Kegemukan sendiri dikaitkan dengan penyakit ginjal. Indeks massa tubuh yang tinggi, lingkar pinggang yang besar dan berat badan yang bertambah semuanya meningkatkan risiko batu ginjal. 

4. Minum Obat tanpa resep dokter

Obat-obatan tertentu seperti Suplemen dan obat-obatan, seperti vitamin C, obat pencahar, antasida, obat migrain atau depresi, bila dikonsumsi secara berlebihan dan tanpa aturan dari dokter dapat meningkatkan risiko batu ginjal.