-->

Monday, November 23, 2020

5 Kebiasaan Penyebab Kanker Nomor Satu

Kanker merupakan penyakit yang mematikan, penderita kanker dari tahun ketahun juga semakin banyak. Penyakit ini juga belum ada obat yang mutakhir untuk menyembuhkannya, walau beberapa penderita bisa sembuh itu disebabkan oleh perawatan terapi yang sebenarnya juga tidak bisa membantu banyak, sebab banyak penderita yang berhasil sembuh akhirnya banyak juga yang kambuh.

Pemicu penyakit kanker dikaitkan erat dengan gaya hidup yang tidak sehat, nah berikut ada beberapa kebiasaan pemicu kanker yang sebaiknya kamu ketahui.

1. Konsumsi Daging Merah Secara Serakah

Makan lebih dari 700 gram daging merah per minggu meningkatkan risiko kanker usus besar pada manusia. Peluang terkena penyakit ini juga meningkat 1,18 kali lipat jika seseorang mengonsumsi 50 gram daging olahan setiap hari

2. Sering Konsumsi Daging Olahan

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, daging olahan termasuk ham, sosis, telah terbukti menyebabkan kanker melalui banyak bukti. Saat diasinkan, diproses, difermentasi, dan diasapi untuk menambah rasa, dan mengawetkannya lebih lama, daging kalengan berubah. Secara khusus, pengasapan daging menghasilkan senyawa N-nitroso (NOC) dan hidrokarbon polisiklik aromatik (PAH). Ini adalah zat-zat yang termasuk dalam kelompok karsinogen pemicu kanker.

3. Konsumsi Alkohol terlalu banyak

Alkohol juga merupakan karsinogen nomor satu. Karena telah terbukti menjadi biang keladi kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, payudara, hati, lambung, usus.

4. Kebiasaan Merokok

Perokok aktif maupun pasif memiliki risiko 25% lebih tinggi terkena kanker paru dibandingkan kelompok lainnya. Setiap tahun, asap rokok membunuh lebih dari 12.000 orang di Inggris akibat kanker paru-paru, penyakit jantung, stroke, dan penyakit paru obstruktif kronik.

5. Kebiasaan Minum air Botolan

Zat kimia dapat masuk ke sumber air, terutama air botolan. Zat kimia juga diketahui menyebabkan kanker pada kulit, hati, paru-paru, ginjal, dan kandung kemih.