-->

Wednesday, November 11, 2020

Sering Dilakukan Ternyata 4 Kebiasaan In Bisa Picu Kanker

Kanker adalah nama umum untuk sekelompok penyakit yang dapat menyerang bagian tubuh mana pun. Ketika seseorang mengidap kanker, artinya tubuhnya memiliki sel-sel abnormal yang dapat menyerang bagian lain.

Menurut statistik WHO, kematian akibat kanker pada setiap tahun selalu naik. di mana kanker paru-paru, payudara, kolorektal, kanker prostat adalah salah satu kategorinya kanker yang paling umum diderita orang.

Lalu apa kebiasaan apa yang bisa memicu kanker? nah berikut ada ulasan tentang kebiasaan yang bisa meningkatkan risiko kanker yang harus Anda ketahui.

1. Makan Larut malam

Orang yang rutin makan setelah jam 9 malam dan langsung tidur setelah makan malam memiliki risiko 25 persen lebih tinggi terkena kanker.

Makan larut malam juga dapat mengganggu jam sirkadian, mengganggu hormon, dan memengaruhi organ dalam. Kebiasaan makan larut malam dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan prostat karena keduanya terkait dengan penanda hormonal.

2. Konsumsi lebih banyak daging olahan

Daging olahan adalah daging yang telah dimodifikasi melalui penggaraman, pengeringan, fermentasi, pengasapan, atau perlakuan lain untuk meningkatkan rasa atau pengawetan daging. lebih lama. Daging macam ini jika terlalu sering dimakan akan berpotensi memicu tumuhnya kanker pada tubuh anda.

jika setiap orang mengonsumsi 50g daging olahan setiap hari  berisiko terkena kanker. Kolorektal akan meningkat sekitar 18%.

Mengapa daging olahan sangat berbahaya? Menurut para ahli, daging olahan sering dibumbui dengan banyak zat aditif, menghasilkan bahan kimia setelah pengolahan atau pemasakan daging (misalnya senyawa N-nitroso dan hidrokarbon aromatik polisiklik, ada dapat menyebabkan kerusakan DNA dan perkembangan kanker).

 Agar tetap sehat, Anda harus membatasi asupan daging olahan, dan sebaliknya makan banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Anda juga harus memilih ikan dan unggas daripada daging merah atau olahan.

3. Terlalu banyak makan makanan di bakar atau digoreng

Makan daging panggang atau goreng pada suhu tinggi dapat membentuk bahan kimia yang dapat merusak DNA, meningkatkan risiko kanker.

Makanan yang digoreng juga dapat menghasilkan akrilamida - racun yang diklasifikasikan oleh WHO dalam kelompok 2A, kelompok yang "mungkin menyebabkan kanker pada manusia". Selain meningkatkan risiko kanker, toksisitas akrilamida telah terbukti memiliki efek negatif pada sistem saraf dan reproduksi. Dibandingkan dengan memanggang, cara mengolah makanan dengan cara direbus, dikukus terbukti lebih sehat.

4. Gunakan botol plastik berkualitas buruk

Menggunakan jenis botol air plastik tertentu dapat mencemari cairan dengan bahan kimia yang berpotensi berbahaya seperti BPA, yang dapat mengganggu keseimbangan hormonal Anda, menurut organisasi nirlaba Breastcancer.org

Penggunaan botol air plastik berkualitas buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti kanker dan kemandulan.