-->

Saturday, November 14, 2020

Waspada! Ini 4 Tanda Kanker Payudara yang Sering Disepelekan

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang banyak memakan korban, tidak hanya perempuan kanker ini juga bisa menyerang kaum pria, Walau kasusnya sangat jarang namun pria juga rentan terkena kanker payudara.

Kanker payudara sendiri merupakan jenis kanker yang cukup mematikan. Alasannya banyak penderita yang menyepelekan tanda awal dari kanker payudara, sehingga banyak penderita gagal mendapatkan perawatan lebih awal.

Nah berikut ada beberapa tanda kanker payudara paling sering terjadi yang wajib kamu ketahui.

1. Nyeri di dada 

Ketika anda merasakan gejala nyeri dada, rasa sesak tanpa sebab sebaiknya waspada. Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut pada hari-hari biasa dan rasa sakit terus berlanjut dan meningkat seiring waktu, maka Anda harus memeriksakan diri ke dokter, dan memeriksanya dengan cermat karena itu bisa menjadi pertanda kanker payudara.

2. Payudara Membesar tanpa sebab

Suatu hari jika Anda memeriksa payudara Anda dan menemukan bahwa payudara Anda membesar sebelah dan tidak ada pemicunya maka kemungkinan besar ini adalah tanda kanker payudara.

3. Muncul Benjolan

Menurut para ahli, benjolan payudara bisa dideteksi secara tidak sengaja. Namun menurut pengalaman para ahli, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan setelah haid berakhir, dengan cara ini Anda bisa merasakan sesutu yang asing di kelenjar susu Anda. Benjolan ini bisa ganas juga bisa saja jinak. Ini sangat berarti karena merupakan langkah yang sangat penting karena banyak kanker payudara yang terdeteksi sejak dini melalui pemeriksaan mandiri setiap bulan. Jika ragu, silakan periksa ke dokter Anda.

4. Puting Berubah posisi

Ketika kanker tumbuh di area payudara ini bisa memicu puting payudara anda berpindah posisi, jika anda mengalaminya, Anda harus pergi untuk pemeriksaan. Biasanya gejala ini disertai dengan payudara yang menyusut, berkerut dan mungkin ada partikel kecil di areola di sekitar puting, keluarnya cairan yang tidak biasa di area puting, Anda perlu memeriksan diri sesegera mungkin.