-->

Tuesday, December 15, 2020

4 Kebiasaan Sehari-hari Yang Bisa Menyebabkan Kemandulan Tanpa Anda Sadari

Banyak kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya tapi ternyata dapat menyebabkan wanita mengalami kemandulan, apa saja? simak ulasanya berikut ini.

1. Terlalu Banyak Makan Makanan ringan 

Makanan ringan seperti popcorn, popcorn, gorengan sangat disukai bagi wanita. Namun, ini adalah makanan yang mengandung banyak lemak, meningkatkan jumlah estrogen dan memengaruhi proses kehamilan dengan mencegah pembuahan. Kebiasaan ngemil tak hanya membuat wanita mudah menambah berat badan tapi juga meningkatkan gula darah. Ini tidak baik untuk kesehatan reproduksi.

2. Kecanduan minuman berkafein 

Minum kopi, teh, dan minuman ringan berkafein secara teratur dapat meningkatkan risiko kemandulan. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih dari 300mg kafein / hari (setara dengan 2 cangkir kopi atau 6 cangkir teh padat) dapat sedikit memengaruhi kesuburan dan meningkatkan risiko keguguran pada wanita.

3. Begadang 

Begadang tidak hanya membuat kulit Anda cepat menua, munculnya keriput tetapi juga menyebabkan banyak penyakit lainnya. Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara begadang dan ketidakteraturan menstruasi. Wanita dengan haid tidak teratur merupakan salah satu tanda kemandulan. Selain itu, begadang juga meningkatkan angka keguguran.

4. Kurang Menjaga Kebersihan tubuh

Wanita yang memiliki kebiasaan kurang menjaga kebersihan tubuh terutama arena genital bisa menyebabkan bakteri jahat berkembang, hal ini bisa meningkatgkan infeksi pada rahim, yang mengakibatkan kemandulan.