-->

Tuesday, December 29, 2020

Sering Dilakukan, 5 Kebiasaan ini Ternyata Bisa Rusak Ginjal

Organ ginjal memiliki peran penting dalam tubuh kita, salah tugasnya adalah menyaring racun dalam tubuh dan membantu mengeluarkannya. Jika ginjal anda tidak bekerja dengan normal maka ada potensi berbahaya bagi kesehatan kamu.

Nah berikut ini ada beberapa kebiasaan yang ternyata secara diam-diam bisa membuat ginjal kamu mengalami penurunan fungsi bahkan sampai bisa merusak, apa saja? simak dibawah ini.

1. Konsumsi makanan manis

Konsumsi gula berlebihan ternyata bisa membahayakan ginjal kamu, sebaiknya kamu kurangi makan atau minum dengan tambahan gula buatan yang cukup banyak karena ini bisa memicu kamu terkena hipertensi, penyakit ini sendiri bisa memicu kerusakan pada ginjal. Jadi kebiasaan makan atau minum makanan dengan gula berlebih berpotensi merusak organ ginjal anda.

2. Duduk Terlalu Lama

Aktifitas fisik itu penting ya, kebiasaan berlama-lama duduk berpotensi mengganggu fungsi ginjal. Jika kamu ingin sehat terus sering-seringlah bergerak agar ginjal kamu tidak rusak.

3. Kebanyakan makan daging

Kebiasaan terlalu banyak daging juga bisa membahayakan ginjal lho. Daging mengandung protein yang mengahsilkan asam yang cukup tinggi, kadar asam ini bisa meningkat dalam darah dan memicu kinerja ginjal menjadi menurun. Sebaiknya anda mengurangi konsumsi daging dan perbanyak sayur dan buah ya.

4. Begadang sampai larut pagi

Siklus tidur yang berantakan bisa merusak kesehatan ginjal, ginjal memang aktif selama kamu tidur namun hormon yang tidak seimbang dalam tubuh akibat begadang bisa membahayakan organ ginjal kamu. Jadi sebaikny kamu kurangi begadang ya karena ini tidak sehat.

5. Mengonsumsi obat tanpa resep dokter

Kebiasaan mengonsumsi obat warung ternyata berbahaya sekali. Kebiasaan ini sering dilakukan oleh orang indonesia, padahal kebiasaan ini sangat berbahaya karena obat-obatan kimia perlu dikonsumsi sesuai resep dan pengawasan dokter. Nah jika kamu memiliki kebiasaan ini segera hentikan sebelum ginjal kamu rusak.