4 Makanan Pencegah Asam Urat


Asam urat merupakan penyakit umum yang diderita banyak orang, penyakit ini muncul akibat tubuh gagal mengurai zat bernama purin sehingga memicu penumpukan asam urat dalam tubuh.

Asam urat sendiri merupakan penyakit yang sangat mengganggu ketika seseorang terserang asam urat, efeknya bisa terasa hingga berhari-hari. Nah, untuk itu anda perlu menghindari makanan pemicunya seperti daging merah, makanan laun dan yang serba instan.

Selain itu anda juga disarankan untuk sering mengkonsumsi makanan sehat yang rendah purin. Nah berikut ada beberapa rekomendasi makanan yang bisa mencegah kamu dari terkena masalah asam urat.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kale, brokoli hingga selada sangat dianjurkan sering kamu konsumsi, sayuran hijau tersebut sangat sehat karena mengandung bahan penting untuk tubuh seperti sumber serat, sumber folat dan tak lupa sebagai sumber antioksidan yang diperlukan tubuh untuk mencegah kerusakan akibat asam urat berlebih.

2. Kentang

Kentang juga makanan yang rendah purin makanan ini cocok untuk kamu konsumsi sesering mungkin karena tidak akan memicu asam urat. Kentang juga tidak mengandung lemak tinggi sehingga mencegah kamu dari terkena masalah kolesterol.

3. Buah Chery

Buah chery dikatakan sebagai buah ajaib yang sangat berguna untuk menyembuhkan penyakit asam urat, selain itu jika kamu sering mengkonsumsinya secara rutin kamu juga bisa terhindar dari penyakit asam urat, buah ini dikenal memiliki kandungan anthocyanin yang tinggi yang dipercaya bisa mentralkan asam urat berlebih yang menumpuk dalam tubuh.

4. Buah Tomat

Tomat sendiri makanan yang mengandung likopen yang sangat tinggi, kandungan ini merupanan zat antioksidan yang sangat berguna untuk tubuh melawan peradangan dan kerusakan sel tubuh. Zat ini juga ternyata dikenal ampuh mencegah penyakit asam urat.