Kenali Kanker Hati Sebelum Terlambat

Kanker hati adalah salah satu kanker paling umum di dunia. Statistik menunjukkan bahwa setiap tahun  ada 190.000 kematian akibat kanker jenis ini, tingkat kanker hati juga berada di 5 besar kanker paling umum. Penyebab penyakit ini berasal dari banyak faktor, jika ada yang mengira bahwa hanya minum minuman keras saja bisa terkena kanker hati, mereka salah besar.

Ada faktor lain yang bisa memicu kanker hati, seperti berikut ini: 

1. Begadang untuk waktu yang lama

Begadang dalam waktu lama tidak hanya menyebabkan kurang tidur, tetapi juga mempengaruhi proses penyembuhan diri pada hati di malam hari. para ahli berpendapat dari jam 11 malam sampai jam 1 pagi adalah waktu dimana hati mulai menyaring dan membuang racun dalam tubuh. Dari jam 1-3 pagi Anda perlu tidur nyenyak agar hati dapat memurnikan tubuh.

Sekitar jam 3-5 pagi, hati akan menyelesaikan proses pemurnian dan istirahat, jam 5-7 pagi adalah waktu terbaik untuk bangun. hati akan menghilangkan racun di saat malam hari. Fakta bahwa Anda begadang mempengaruhi proses detoksifikasi dan istirahat hati. Seiring waktu, sel-sel hati rusak, akhirnya menyebabkan kanker.

2. Terus-menerus marah, stres

Penelitian menunjukkan bahwa ketika tubuh berada di bawah tekanan konstan untuk waktu yang lama, kemarahan dan hal-hal negatif akan merusak hati, menyebabkan kondisi aliran darah yang buruk, mengurangi kekebalan tubuh, dan menyebabkan risiko jangka panjang yang tinggi pada kanker.

Mengapa kanker hati sangat terlambat saat terdeteksi?

Hati adalah organ yang tidak memiliki "saraf nyeri", sehingga ketika kanker terbentuk, tidak akan ada gejala yang jelas. Ketika gejala muncul, kanker akan mencapai stadium akhir, kali ini sering pada stadium akhir, sehingga deteksi tanda-tanda kerusakan hati secara tepat waktu sangat penting.


Menurut Pakar, orang dengan kerusakan hati akan menerima "sinyal alarm" ini:

1. Kurang energi, susah tidur;

2. Sering kentut, distensi abdomen- stagnasi hati;

3. Urin berwarna kuning;

4. Mulut kering dan bau mulut;

5. Rambut rontok yang sering;

6. Kecemasan, depresi, sering mendesah - ketidaknyamanan qi hati;

7. Kulit, warna mata menjadi kuning;

8. Kulit gatal, jerawat;

9. Demam, penurunan berat badan terus menerus tanpa alasan yang jelas.